ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017

Mayang, Sari (2018) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Januari 2018 MAYANG SARI, No.BP: 1311212034 ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017 xii + 84 halaman, 14 tabel, 4 gambar, 8 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal, masih banyak pasien yang tidak puas dalam pelayanan rawat jalan di RSUD dr. Rasidin Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di poliklinik penyakit dalam RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2017. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survei deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan September sampai Desember 2017. Populasi penelitian pasien yang telah berkunjung minimal dua kali di poliklinik penyakit dalam dengan jumlah sampel 106 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random block sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data diolah menggunakan SPSS dengan analisis univariat dan analisis diagram kartesius. Hasil Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien puas (67%). Dimensi kehandalan (56,6%), daya tanggap (78,8%), jaminan (76,4%), dan empati (62,3%) berada dalam kategori baik sedangkan bukti langsung (63,2%) dalam kategori tidak baik. Hasil analisis diagram kartesius, pelayanan yang diperbaiki berada pada kuadran A dimensi yaitu kecepatan, cepat dan tanggap, dan keramahan bagian pendaftaran dan kasir, ketepatan pemeriksaan dimulai, serta kenyamanan ruang tunggu, dan kebersihan poliklinik Kesimpulan Lebih dari separuh pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian ini masih menunjukkan belum terpenuhinya target kepuasan pasien jika dilihat pada PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat yang menyebutkan bahwa paling sedikit 88,31% pasien menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Diharapkan kepada pihak RSUD Padang untuk memperhatikan kebersihan dan kenyamanan sarana prasarana rumah sakit. Daftar Pustaka : 49 (2000-2017) Kata Kunci : Kepuasan pasien, RSUD dr. Rasidin Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ayulia Fardila Sari ZA, SKM, MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 05 Feb 2018 16:54
Last Modified: 05 Feb 2018 16:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32010

Actions (login required)

View Item View Item