Dukungan Politik Partai Pengusung Pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015

Imam, Zamzami (2018) Dukungan Politik Partai Pengusung Pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEX)
skripsi fix full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana bentuk dukungan yang diberikan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra sebagai partai politik pengusung sekaligus pendukung pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit pada pemilihan gubernur Sumatera Barat tahun 2015. Meskipun didukung oleh dua partai politik tetapi pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit mampu mengalahkan lawanya yang didukung oleh mayoritas partai politik, bahkan mampu memenangkan 17 dari 19 kabupaten dan kota yang tersebar di seluruh Sumatera Barat. Fakta tersebut semakin menguatkan keinginan peneliti untuk mengetahui lebih dalam lagi bagaimana bentuk dukungan yang diberikan oleh PKS dan Gerindra. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, serta dokumentasi. Sementara untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tekniktriangulasi dengan sumber data. Pemilihan informan dilakukan denganteknik SnowballSampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga bentuk dukungan yang diberikan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra kepada pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit. Pertama,yaitu terdapat dukungan sumbangan dana dari PKS dan Gerindra. Kedua, adanya dukungan kaderyang dilakukan oleh PKS dan Gerindra. Ketiga, PKS dan Gerindra juga memberikan dukungan dalam menarik orang-orang di luar partai untuk memilih pasangan IP-NA. Meskipun selama ini banyak penelitian yang mengatakan bahwa terpilihnya seorang dalam kontestasi Pemilukada adalah karena figur sicalon itu sendiri, karena partai hanya dianggap sebagai kendaraan untuk memperoleh tiket agar bisa ikut dalam pemilihan kepala daerah. Tetapi berangkat dari penelitian ini peneliti ingin mengatakan bahwa ternyata tidak hanya figur calon yang menentukan, tetapi partai juga ikut mempunyai andil dan pengaruhyang cukup besar dalam menentukan kemenangan seseorang calon dalam pemilihan kepala daerah. Kata Kunci : Partai Politik, Bentuk Dukungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Irawati, S.IP, MA
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 05 Feb 2018 14:57
Last Modified: 05 Feb 2018 14:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31982

Actions (login required)

View Item View Item