MUHAMMAD, IHSAN (2017) PEMODELAN DAN ANALISIS KESTABILAN INTERAKSI SIMBIOSIS MUTUALISME OBLIGAT ANTARA SEMUT PENGERAT DAUN (Acromyrmex versicolor) DAN PERTANAMAN JAMURNYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (bab i pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (bab iv kesimpulan)
bab 4.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
dapus.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
pdfjoiner.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Interaksi antara semut pengerat daun dan pertanaman jamurnya merupakan interaksi simbiosis mutualisme obligat. Semut berperan sebagai organisme yang menyediakan makanan bagi jamur yang berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur, di samping juga berperan dalam pemeliharaan jamur. Sebaliknya, jamur berpengaruh terhadap kelangsungan dan pertumbuhan semut karena jamur berperan sebagai sumber nutrisi utama bagi koloni semut. Pada tugas akhir ini dibahas penurunan model matematika dari interaksi mutualisme obligat antara semut pengerat daun (Acromyrmex versicolor) dan pertanaman jamurnya, menentukan titik-titik kesetimbangan dari model yang diperoleh serta menganalisis kestabilan model matematika di sekitar titik-titik kesetimbangan tersebut. Hasil analisis kestabilan tersebut memberikan kondisi kapan kedua spesies semut dan jamur dapat hidup saling berdampingan (keduanya tetap eksis). Kata kunci : mutualisme obligat, model matematika, titik-titik kesetimbangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Mahdhivan Syafwan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | s1 matematika matematika |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 14:36 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 14:36 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31781 |
Actions (login required)
View Item |