PEMANFAATAN TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA YANG DITAMBAH DENGAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq.) TAHAP MAIN NURSERY

defri, wahyudi (2017) PEMANFAATAN TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA YANG DITAMBAH DENGAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq.) TAHAP MAIN NURSERY. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2. bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4._Daftar_Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
3._Bab_V_Penutup[1].pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pemanfaatan tanah bekas tambang batubara yang ditambah dengan kompos tandan kosong kelapa sawit untuk pembibitan kelapa sawit (elaeis guineensis jacq.) tahap main nursery telah dilaksanakan di Kebun percobaan Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya dari bulan November sampai Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos tandan kosong kelapa sawit dengan media tanam tanah bekas tambang batubara guna optimalisasi pertumbuhan bibit kelapa sawit pada pembibitan utama (main nursery). Perlakuannya adalah komposisi media tanam, 100% tanah bekas tambang batubara, 75% tanah bekas tambang batubara + 25% kompos tandan kosong kelapa sawit, 50% tanah bekas tambang batubara + 50% kompos tandan kosong kelapa sawit, 25% tanah bekas tambang batubara + 75% kompos tandan kosong kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Setiap perlakuan diulang 6 kali, sehingga terdapat 24 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan terdiri dari 2 tanaman, dengan demikian jumlah seluruh tanaman adalah 48 tanaman.Pengamatan yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, diameter bonggol,total luas daun,bobot kering tanaman,bobot kering akar, rasio tajuk akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanam tanah bekas tambang batubara dengan pemberian kompos tandan kosong kelapa sawit tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit tahap main nursery. Kata kunci : Kompos, Tandan Kosong Kelapa Sawit, Kelapa Sawit, Pembibitan Utama, Tanah bekas tambang batubara.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:27
Last Modified: 30 Oct 2017 09:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item View Item