APLIKASI LIMBAH MESOCARP SAWIT ( SOLID ) DALAM MEMACU PERTUMBUHAN DUA VARIETAS BIBIT KELAPA SAWIT PADA TAHAP PRE-NURSERY

sepriadi, sepriadi (2017) APLIKASI LIMBAH MESOCARP SAWIT ( SOLID ) DALAM MEMACU PERTUMBUHAN DUA VARIETAS BIBIT KELAPA SAWIT PADA TAHAP PRE-NURSERY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2. BAB I ( PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 3 penutupp)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (fuul text)
5. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang aplikasi limbah mesocarp sawit (solid ) dalam memacu pertumbuhan dua varietas bibit kelapa sawit pada tahap pre-nurserydengan pemberian beberapa dosis limbah mesocarp sawit pada tahap pre-nursery telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar, kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april sampai juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk : melihat interaksi antara dua varietas tanaman kelapa sawit dengan pemberian beberapa dosis limbah mesocarp terhadap pertumbuhan pada tahap pre-nursery, mendapatkan pertumbuhan varietas tanaman kelapa sawit yang terbaik yang diperlakukan dengan limbah mesocarp pada tahap pre-nursery, dan mendapatkan dosis limbah mesocarp yang terbaik terhadap pertumbuhan dua varietas tanaman kelapa sawit.Rancangan yang digunakan pada percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam bentuk faktorial. Faktor pertama adalah varietas kelapa sawit yaitu Dumpy dan Simalungun. Faktor kedua adalah beberapa dosis limbah mesocarp sawit dengan perlakuan 0 g/ 2 kg tanah, 40 g/ 2 kg tanah, 60 g/ 2 kg tanah, 80 g/ 2 kg tanah, dan 100 g/ 2 kg tanah. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf nyata 5%, jika F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf nyata 5%.Dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya interaksi berpengaruh tidah nyata antara varietas dengan dosis limbah mesocarp sawit, adanya pengaruh nyata varietas terhadap panjang daun, lebar daun, diameter bonggol dan panjang akar sedangkan tidak ada pengaruh nyata varietas terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun. Dosis limbah mesocarp 100 gram merupakan dosis terbaik dalam mendorong pertumbuhan kedua varietas bibit kelapa sawit. Kata kunci : pembibitan sawit, varietas, limbah mesocarp sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 28 Oct 2017 11:21
Last Modified: 28 Oct 2017 11:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item