AKTIVITAS EKSTRAK DAUN LEGUNDI (Vitex trifolia L.: VERBENACEAE) TERHADAP Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA: CRAMBIDAE)

Cilfyzha, Vemithasya (2017) AKTIVITAS EKSTRAK DAUN LEGUNDI (Vitex trifolia L.: VERBENACEAE) TERHADAP Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA: CRAMBIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AKTIVITAS EKSTRAK DAUN LEGUNDI (Vitex trifolia L.: VERBENACEAE) TERHADAP Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA: CRAMBIDAE) Abstrak Salah satu cara untuk membatasi penggunaan insektisida sintetik dalam mengendalikan Crocidolomia pavonana yaitu memanfaatkan tumbuhan Vitex yang berpotensi sebagai insektisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pelarut yang terbaik dalam mengeluarkan senyawa metabolit sekunder dari daun legundi dan mengetahui konsentrasi ekstrak daun legundi yang efektif dalam menekan perkembangan C. pavonana di Laboratorium. Penelitian dilakukan di Laboratorium melalui 2 tahapan uji (Tahap I dan Tahap II), menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Uji Tahap I dilakukan untuk menentukan pelarut terbaik untuk pembuatan ekstrak daun legundi (metanol, heksan dan etil asetat). Uji Tahap II dilakukan untuk mengetahui aktivitas ekstrak daun legundi terbaik dalam mengendalikan C. pavonana pada 6 perlakuan (0,00%,0,10%, 0,15%, 0,22%, 0,33% dan 0,50%) dengan 5 ulangan. Hasil Uji Tahap II menunjukkan bahwa konsentrasi tertinggi (0,50%) ekstrak etil asetat daun legundi menyebabkan mortalitas larva 85,33%, memperpanjang masa perkembangan larva 1,69-2,10 hari jika dibandingkan dengan kontrol, menyebabkan penurunan aktivitas makan larva C. pavonana 83,21%, serta berdampak terhadap paling rendahnya persentase pupa dan imago yang terbentuk (masing-masing 13,33% dan 4,00%). Aktivitas ekstrak etil asetat daun legundi berdasarkan nilai LC50 (0,19%) dan LC95 (0,95%) menunjukkan bahwa ekstrak dikatakan aktif sebagai insektisida. Kata Kunci: Daun legundi, Crocidolomia pavonana, ekstrak etil asetat, insektisida nabati

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti, MS
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 28 Oct 2017 12:17
Last Modified: 28 Oct 2017 12:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item