PERBANDINGAN PERSENTASE UPTAKE DAN KORELASINYA TERHADAP MASSA KELENJAR TIROID DENGAN METODE SIDIK KELENJAR TIROID PADA PASIEN STRUMA DIFUSA

esa, wahyu fadillah (2017) PERBANDINGAN PERSENTASE UPTAKE DAN KORELASINYA TERHADAP MASSA KELENJAR TIROID DENGAN METODE SIDIK KELENJAR TIROID PADA PASIEN STRUMA DIFUSA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
1. abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. bab 1.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
3. bab 5.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5. karya tulis ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Telah dilakukan perbandingan antara persentase uptake secara manual terhadap menu uptake tiroid menggunakan radiofarmaka Tc99m perteknetat pada 20 orang pasien yang melakukan pemeriksaan sidik kelenjar tiroid di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Pasien didiagnosis dengan melakukan sidik kelenjar tiroid. Sidik kelenjar tiroid dilakukan dengan cara menginjeksikan Tc99m perteknetat secara intravena pada lengan pasien, selanjutnya dilakukan pencitraan kelenjar tiroid menggunakan kamera gamma selama 5 menit setelah injeksi. Persentase uptake dari menu uptake tiroid didapat dari teknik ROI (Region Of Interest) sedangkan secara manual didapat dari pengolahan teknik ROI (Region OfInterest) yang selanjutnya diinput ke dalam persamaan uptake. Pada penelitian ini juga ditentukannilai massa, faktor koreksi antara persentase uptake secara manual terhadap menu uptake tiroid serta korelasi massa terhadap persentase uptake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keseluruhan pencitraan rata-rata persentase uptake dari menu uptake tiroid yaitu 13,22% sedangkan secara manual yaitu 22,45%. Persentase uptake berada di atas batas normal (0,5-5,0)% penangkapan kelenjar tiroid, sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut terhadap kelainan pada fungsi tiroid. Faktor koreksi antara persentase uptake secara manual terhadap menu uptaketiroiddidapat sebesar 9,23%, dan disimpulkan bahwa persentase menu uptake tiroid merupakan nilai yang akurat. Nilai massa kelenjar tiroid pada pasien struma difusa berada pada rentang44,52 gram, nilai ini lebih tinggi daripada nilai massa normal yaitu 10-20 gram. Korelasi antara massa terhadap persentase uptake manual diperoleh hubungan yang rendah, sedangkan massa terhadap persentase dari menu uptake tiroid diperoleh hubungan yang lemah. Kata kunci : persentase uptake, sidik kelenjar tiroid, ROI (Region Of Interest)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita, M.Si
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 28 Oct 2017 15:26
Last Modified: 28 Oct 2017 15:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31554

Actions (login required)

View Item View Item