PERAN PENYULUH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Fadillah, Eka Chairat (2017) PERAN PENYULUH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover+abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan, pertama untuk mendeskripsikan proses pembelajaran padi organik, kedua yaitu mengetahui peran penyuluh dalam menfasilitasi proses pembelajaran serta respon petani terhadap pengembangan padi organik. Menggunakan metode deskriptif dengan desain studi kasus. Metode pengambilan responden pada 3 kelompok tani (Kelompok Tani Pelita Gunung, Kelompok Tani Hidayah, dan Kelompok Tani Indah Sakato) menggunakan metode purposive. Hasil Penelitian menunjukan proses pembelajaran diperoleh 6 komponen proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelompok tani. Komponen-komponen proses pembelajaran yaitu pendidik, peserta, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan waktu pembelajaran. Sebagai pendidik terdapat 3 orang penyuluh dalam kegiatan pembelajaran. Peserta pembelajaran yaitu anggota kelompok tani organik di 3 Kelompok Tani. Materi pembelajaran berdasarkan Standar Operasional (SOP) organik yang berstandarkan pada SNI 6729-2013 tentang sistem Pertanian Organik dan Permentan Nomor: 64/Permentan/OT.140/5/2013. Media Pembelajaran dalam proses pembelajaran menggunakan kertas koran, dan spidol. Metode pembelajaran menggunakan metode diskusi dan metode demonstrasi. Waktu dan Tempat sesuai dengan kesepakatan anggota kelompok tani. Artinya proses pembelajaran telah cukup aktif dalam menjalankan kegiatan pembelajaran. Hal ini berdasarkan kepada komponen pembelajaran telah terlaksana. Untuk mengetahui peran penyuluh dalam menfasilitasi proses pembelajaran penyuluh terdapat tiga indikator,yaitu peran penyuluh dalam menata situasi pembelajaran, menghubungkan masyarakat dengan sumber belajar (pemberi informasi), dan mengarahkan proses pembelajaran sebagai mediator. Kata kunci: Peran Penyuluh, Proses Pembelajaran, Padi Organik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hery Bachrizal Tanjung, M.Si
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Oct 2017 16:46
Last Modified: 27 Oct 2017 16:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31502

Actions (login required)

View Item View Item