Daya Hambat Ekstrak Piper aduncum L., Cymbopogon nardus L., Elettariopsis slahmong Lim terhadap jamur Colletotrichum capsici pada buah cabe (Capsicum annum L.)

Zarfania, Shalihat (2017) Daya Hambat Ekstrak Piper aduncum L., Cymbopogon nardus L., Elettariopsis slahmong Lim terhadap jamur Colletotrichum capsici pada buah cabe (Capsicum annum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UTUH - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Daya hambat ekstrak Piper aduncum L., Cymbopogon nardus L., Elettariopsis slahmong L. terhadap jamur Colletotrichum capsici pada buah cabai (Capsicum annum L) telah dilakukan di Laboratorium Riset Mikrobiologi, Jurusan Biologi. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan daya hambat ekstrak Piper aduncum L., Cymbopogon nardus L., dan Elettariopsis slahmong L. terhadap jamur Colletotrichum capsici pada buah cabai. Penelitian menggunakan rancangan tersarang (nested design) dengan 11 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diuji adalah ekstrak ethanol serai wangi, sirih-sirih dan jahe liar dengan 3 tingkat konsentrasi (1000 ppm; 1500 ppm; 2000 ppm). Selain itu terdapat kontrol positif menggunakan fungisida sintetik dan kontrol negatif tanpa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua formulasi minyak atsiri tanaman uji mampu menurunkan masa inkubasi Colletotrichum capsici dan prosentase serangan Colletotrichum capsici. Dari semua formulasi yang digunakan, formulasi terbaik dalam menghambat pertumbuhan jamur Colletotrichum yaitu formulasi serai wangi. Pada formulasi serai wangi, konsentrasi terbaik dalam menghambat pertumbuhan jamur Colletotrichum capsici yaitu 2000 ppm dengan daya hambat sebesar 93,33% memiliki aktifitas antifungal tertinggi dibandingkan dengan perlakuan lain dan kontrol negatif bahkan dibandingkan dengan kontrol positif. Kata kunci : Cymbopogon nardus, Piper aduncum, Elettariopsis slahmong, Colletotrichum capsici, minyak atsiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. NASRIL NASIR
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:53
Last Modified: 30 Oct 2017 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31488

Actions (login required)

View Item View Item