KEMAMPUAN KOLONISASI CENDAWAN ENDOFIT Beauveria bassiana PADA KACANG TANAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT SERANGAN Lamprosema indicata(Lepidoptera :Pyralidae)

SILVIA, ARMI (2017) KEMAMPUAN KOLONISASI CENDAWAN ENDOFIT Beauveria bassiana PADA KACANG TANAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT SERANGAN Lamprosema indicata(Lepidoptera :Pyralidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KEMAMPUAN KOLONISASI CENDAWAN ENDOFIT Beauveria bassiana PADA KACANG TANAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT SERANGAN Lamprosema indicata (Lepidoptera : Pyralidae) ABSTRAK Cendawan entomopatogen endofit merupakan cendawan yang hidup dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan gejala sakit pada tanaman, salah satu cendawan yang mampu mengendalikan hama adalah Beauveria bassiana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kolonisasi Beauveria bassiana dan mengetahui keefektifannya dalam mengendalikan hama Lamprosema indicata. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari, (a) aplikasi dengan pencampuran benih, (b) aplikasi dengan penyemprotan daun, (c) aplikasi dengan pencampuran tanah dan (d) kontrol. Parameter yang diamati adalah persentase kolonisasi B. bassiana, intensitas serangan L. indicata, dan petumbuhan tanaman. Analisis data dilakukan dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode aplikasi menggunakan perendaman pada benih merupakan metode aplikasi terbaik dengan tingkat kolonisasi B. bassiana pada daun 27,53%, batang 32,07% dan akar 27,53%. Aplikasi pada benih juga dapat mengurangi tingkat serangan L. indicata sampai 73,11% dan meningkatkan tinggi tanaman kacang tanah. kata kunci : Cendawan B. bassiana, entomopatogen endofit, kolonisasi, L. indicata, dan pengendalian hayati

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novri Nelly, MP
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 15:20
Last Modified: 27 Oct 2017 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item