PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG RUMPUT TEKI (Cyperusrotundus L) TERHADAP EKSPRESI GEN VIMENTIN DAN NEUROFILAMEN PADA PERKEMBANGAN RANGKA ANGGOTA TUBUH MENCIT (Mus musculus L)

Nuning, nurcahyani (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG RUMPUT TEKI (Cyperusrotundus L) TERHADAP EKSPRESI GEN VIMENTIN DAN NEUROFILAMEN PADA PERKEMBANGAN RANGKA ANGGOTA TUBUH MENCIT (Mus musculus L). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (bab 1)
1. Pendahuluan new 5 okt 2017.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7)
7. Kesimpulan dan Saran new 5 okt.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA_NEW.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text (disertasi full)
disertasi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUHPEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG RUMPUT TEKI (Cyperusrotundus L) TERHADAP EKSPRESI GENVIMENTIN DAN NEUROFILAMEN PADA PERKEMBANGAN RANGKA ANGGOTA TUBUH MENCIT (Mus musculus L) Penelitian terdahulu menunjukkanbahwabeberapatanamanobatmempunyaiefeksamping, khususnya selama perkembangan embrio, sepertiefekteratogenik dan embriotoksik. Salah satunya adalah rumput teki (Cyperus rotundus L) yang mengandung alkaloid, glikosida flavonoid, dan minyak atsiri sebanyak 0,3-1%. Kandungan senyawa kimia inididuga bersifat sebagai anti-estrogen, sehingga kemungkinan dapat menyebabkan abortus atau kelainan pada perkembangan fetus. Selama proses perkembangan, gen vimentin dan neurofilamen berperan penting dalam proses pembentukan rangka fetus. Tujuan penelitian ini adalahuntukmengkajipengaruh ekstrak rimpang rumput teki terhadap ekspresigen vimentin dan gen neurofilamen, panjang metakarpus dan metatarsus, dan tebal zona cadangan kondrosit, proliferasi, maturasi, serta kartilago yang termineralisasi pada tulang epifisialis tibia fetus mencit. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental murni dengan menggunakan 24 mencit hamil yang dibagi menjadi 4 kelompok, masing‒masingkelompokterdiri dari 6 ekor mencit. Pada hari kehamilan ke 6-17, kelompokkontrol (K) diberi 0,4 ml aquabides, sedangkan 3 kelompok perlakuan diberi ekstrak rimpang teki dosis 45 mg/40 g BB (P1), dosis 90 mg/40 g BB (P2), dosis 135 mg/40 gr BB (P3) dalam 0,4 ml aquabides. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa ekstrakrimpangrumput tekidapatmenurunkanekspresi gen vimentin, tetapi meningkatkan ekspresi gen neurofilamen pada tunas anggota fetus mencit. Selain itu, ekstrakrimpangrumput tekimenurunkanpanjang metakarpus dan metatarsus fetus mencit, dan menurunkantebal zona cadangan kondrosit, zona proliferasi, serta zona maturasi pada tulang epifisialis tibia fetus mencit, tetapi meningkatkan tebal zona kartilago yang termineralisasi. Berdasarkanhasilpenelitian, dapatdisimpulkanbahwaekstrakrimpangrumput tekimenurunkanekspresi gen vimentin, meningkatkan ekspresi gen neurofilamen, menurunkanpanjang metakarpus dan metatarsus fetus mencit, menurunkantebal zona cadangan kondrosit, zona proliferasi, zona maturasi, serta meningkatkan tebal zona kartilago yang termineralisasipada tulang epifisialis tibia fetus mencit. Kata kunci: vimentin, neurofilamen, kartilago epifisialis tibia, fetus, metakarpus, metatarsus, perkembangan fetus

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 27 Oct 2017 12:28
Last Modified: 27 Oct 2017 12:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31340

Actions (login required)

View Item View Item