Pengaruh Lama Perendaman Dalam Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pematahan Dormansi Benih Aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merr) yang Telah Diskarifikasi

MIRA AYU SAFITRI, AYU (2017) Pengaruh Lama Perendaman Dalam Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pematahan Dormansi Benih Aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merr) yang Telah Diskarifikasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas, mulai dari bulan Maret sampai Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama perendaman benih aren di dalam ekstrak bawang merah yang efektif dalam mempercepat pematahan dormansi benih aren yang telah diskarifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yaitu lama perendaman dengan ekstrak bawang merah yang terdiri dari empat taraf yaitu tanpa perendaman, perendaman selama 24 jam, 48 jam, dan 72 jam serta diuji lanjut dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman yang berbeda dalam ekstrak bawang merah memberikan respon berbeda terhadap pematahan dormansi benih aren. Perlakuan perendaman selama 72 jam menjadi perlakuan terbaik dalam pengamatan waktu pematahan dormansi (uji T50) dengan rata-rata 15,67 hari; persentase daya berkecambah dengan rata-rata 85,33%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 12:03
Last Modified: 27 Oct 2017 12:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31313

Actions (login required)

View Item View Item