PENGARUH PEMATAHAN DORMANSI DENGAN PERENDAMAN KALIM NITRAT TERHADAP VIGOR DAN VABILITAS BENIH SAWO (Manilkara zapota (L) Van Royen)

Nabhila, Nabhila (2017) PENGARUH PEMATAHAN DORMANSI DENGAN PERENDAMAN KALIM NITRAT TERHADAP VIGOR DAN VABILITAS BENIH SAWO (Manilkara zapota (L) Van Royen). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. SAATNYA DI UPLOAD FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sawo merupakan tanaman yang berasal dari Guatemala, Amerika Tengah yang benihnya mengalami dormansi fisik disebabkan karena kulit benih yang keras. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi benih yang berkulit keras adalah dengan perlakuan secara kimia yaitu perendaman dengan kalium nitrat. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi larutan KNO3 yang tepat untuk mempercepat pematahan dormansi pada benih sawo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 taraf perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu konsentrasi larutan KNO3 yang terdiri atas : kontrol (tanpa perendaman dengan larutan KNO3), perendaman dengan larutan KNO3 0.3%, 0.4%, 0.5%, 0.6% selama 24 jam. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F dan F hitung perlakuan yang lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum didapatkan konsentrasi larutan KNO3 yang tepat untuk pematahan dormansi benih sawo, perendaman benih dalam larutan KNO3 dapat menekan persentase kecambah abnormal dari 30.67% menjadi 9.33% dan dapat meningkatkan daya berkecambah benih sawo dari 65.33% menjadi 88.00%. Kata kunci : benih sawo, dormansi, larutan KNO3, viabilitas, vigor

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati., SP.MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:45
Last Modified: 27 Oct 2017 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31222

Actions (login required)

View Item View Item