PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH DENGAN BAHAN ORGANIK SABUT KELAPA DAN DOSIS PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr.)

RAHMAYUNISA, PUTRI YOSAR (2017) PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH DENGAN BAHAN ORGANIK SABUT KELAPA DAN DOSIS PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13. BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
17. BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SANGAT OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh perbandingan media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit aren telah dilaksanakan pada bulan Desember 2016 – Mei 2017 di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dengan ketinggian tempat ± 250 mdpl. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui interaksi terbaik antara media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit aren. 2) Untuk mengetahui dosis terbaik dari media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa terhadap pertumbuhan bibit aren. 3) Untuk mengetahui dosis pupuk NPKMg yang terbaik terhadap pertumbuhan bibit aren. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial. Faktor pertama adalah perbandingan media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa yang terdiri dari 5 taraf. Fakor kedua adalah dosis pupuk NPKMg yang terdiri dari 4 taraf, dan percobaan diulang sebanyak 4 kali. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam, apabila F-hitung lebih besar dari F-tabel, dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pemberian beberapa dosis media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertambahan tinggi, pertambahan jumlah daun, pertambahan panjang helaian daun terpanjang, pertambahan lebar helaian daun terlebar dan diameter bonggol dari bibit aren (Arenga pinnata Merr.). Belum didapatkan dosis terbaik dari media tanam tanah dengan bahan organik sabut kelapa terhadap pertumbuhan bibit aren (Arenga pinnata Merr.) dan belum didapatkan dosis terbaik dari pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit aren (Arenga pinnata Merr.). Kata kunci: Aren, Bahan Organik Sabut Kelapa, Media Tanam Tanah, Pupuk NPKMg, Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 11:13
Last Modified: 27 Oct 2017 11:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31220

Actions (login required)

View Item View Item