STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN IBU MERAWAT ANAK AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS YAYASAN MITRA ANANDA KOTA PADANG TAHUN 2015 NURVITA SARI

NURVITA, SARI (2016) STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN IBU MERAWAT ANAK AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS YAYASAN MITRA ANANDA KOTA PADANG TAHUN 2015 NURVITA SARI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
1116.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Autisme merupakan gangguan dari fungsi otak yang terjadi akibat defisit intelektual dan perilaku dalam rentang dan keparahan yang luas. Ibu yang merawat anak autisme mengalami suka duka tersendiri. Penelitian fenomenologi deskriptif ini bertujuan mengetahui makna pengalaman ibu merawat anak autisme. Partisipan diambil dengan teknik snowball yaitu informasi tentang partisipan yang akan dijadikan partisipan berdasarkan informasi yang diperoleh dari partisipan sebelumnya yang lebih memahami tentang pengalaman calon partisipan selanjutnya. Sehingga diharapkan lebih mudah untuk mengeksplor lebih jauh terkait dengan pengalaman yang ibu selama merawat anak autisme. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan catatatn lapangan. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan dianalisis dengan menerapkan teknik Collaizi (1978). Enam tema ditemukan dalam penelitian ini yaitu: 1) respon ibu disaat dan selama merawat anak autisme, 2) mencari informasi, 3) membutuhkan perawatan khusus, 4) mencari usaha pengobatan, 5) pentingnya dukungan, dan 6) permasalahan yang ditemui selama merawat anak autisme. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan masukan kepada praktisi keperawatan anak, pendidikan dan penelitian keperawatan. Kata kunci : Pengalaman, ibu, merawat anak, autisme Daftar pustaka: 40 (1999-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Azi Rahman
Date Deposited: 02 Mar 2016 08:54
Last Modified: 02 Mar 2016 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item