PENGARUH PENGGUNAAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) OLAHAN DAN SARI KUNYIT ENKAPSULASI DALAM RANSUM TERHADAP KOMPONEN KARKAS BROILER

Cindy, Aulya Elfas (2017) PENGARUH PENGGUNAAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) OLAHAN DAN SARI KUNYIT ENKAPSULASI DALAM RANSUM TERHADAP KOMPONEN KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
CINDY 1.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
CINDY 2.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (penutup/kesimpulan))
CINDY 3.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
CINDY 4.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
cindy 5 fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ransum yang mengandung daun paitan yang diperlakukan secara kimia (DPPK) dan penambahan pakan aditif sari kunyit enkapsulasi (SKE) terhadap komponen karkas broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC (Day Old Chick) broiler dan 20 unit kandang dengan ukuran 85 cm x 70 cm x 30 cm. Masing-masing unit diisi 5 ekor ayam dan dilengkapi dengan tempat pakan minum. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah R1 (0% DPPK dan 0% SKE), R2 (10% DPPK dan 0.5% SKE), R3 (15% DPPK dan 0.5% SKE), R4 (10% DPPK dan 1% SKE), dan R5 (15% DPPK dan 1% SKE). Peubah yang diamati adalah komponen karkas broiler yang meliputi bobot hidup, persentase karkas dan lemak abdomen. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa penggunaan daun paitan yang diperlakukan secara kimia dan pakan aditif sari kunyit enkapsulasi dalam ransum broiler tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap bobot hidup, persentase karkas dan lemak abdomen. Penggunaan daun paitan yang diperlakukan secara kimia sampai level 15% dan enkapsulasi sari kunyit sampai level 0,5% dalam ransum dapat mempertahankan bobot hidup, persentasi karkas dan lemak abdomen. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup: 1085,25 g/ekor, persentase karkas : 67,50 %, dan persentase lemak abdomen : 1,35 %. Kata kunci : Daun Paitan, Komponen Karkas Broiler, Sari Kunyit Enkapsulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Montesqrit,S.Pt,M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Oct 2017 11:13
Last Modified: 27 Oct 2017 11:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item View Item