PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT Aren(Arenga pinnata Merr.)

yulia, putri (2017) PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT Aren(Arenga pinnata Merr.). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dalam bentuk percobaan dilapangan ini adalah tentang pengaruh pemberian media tanah dan bahan organik Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan takaran pupuk NPKMg 12-12-17-2 terhadap pertumbuhan bibit aren. Penelitian ini dilakukan di areal pembibitan kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai Mei 2017. Tujuan dari pernelitian ini adalah mengetahui interaksi dan pengaruh pemberian bahan organik Tandan Kosong Kelapa Sawit dan pupuk NPKMg dengan dosis tertentu terhadap pertumbuhan bibit aren. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan pola faktorial dalam Acak Lengkap (RAL), dengan faktor pertama 4 taraf, faktor kedua 4 taraf dan 3 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam. Faktor pertama adalah Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan 4 taraf yaitu 0%Tandan Kosong Kelapa Sawit + 100% Tanah, 25% Tandan Kosong Kelapa Sawit + 75% Tanah, 50%Tandan Kosong Kelapa Sawit+50% Tanah, 75% Tandan Kosong Kelapa Sawit + 25% Tanah. Faktor kedua adalah Pemberian pupuk NPKMg diberikan sebanyak 8 kali pemupukan selama 16 minggu dengan total pemberian dosis untuk masing-masing faktor perlakuan yaitu B1: 98,0 g/polybag, B2: 114,0 g/polybag/, B3: 130,0 g/polybag, dan B4: 146,0 g/polybag. Hasil percobaan menunjukkan bahwa perbandingan media tanah dengan Tandan Kosong Kelapa Sawit dan pupuk NPKMg memberikan pengaruh yang sama terhadap semua variabel pertumbuhan bibit Arenumur 16 MSP (Minggu Setelah Perlakuan), interaksi ini belum berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit Aren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. H. Ardi, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:17
Last Modified: 27 Oct 2017 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item