ANALISIS PENGARUH KINERJA EKONOMI, KEUANGAN DAERAH, PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA APARATUR TERHADAP KEBERHASILAN PEMEKARAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT

amelia, isman (2017) ANALISIS PENGARUH KINERJA EKONOMI, KEUANGAN DAERAH, PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA APARATUR TERHADAP KEBERHASILAN PEMEKARAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6 kesimpulan dan saran)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (full tesis)
TESIS FULL AMELIA ISMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS PENGARUH KINERJA EKONOMI, KEUANGAN DERAH, PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA APARATUR DAERAH TERHADAP KEBERHASILAN PEMEKARAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT Oleh : Amelia Isman (Dibawah bimbingan Prof. Dr. Adrimas, SE, MS dan Prof. Dr.Sjafrizal, SE, MA ) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan pemekaran daerah Kabupaten Pasaman Barat berdasarkan kinerja ekonomi, kinerja keuangan pemerintah daerah, kinerja pelayanan publik dan kinerja aparatur, yang dilihat dari dua sisi yaitu dari hasil olah data sekunder dan dari persepsi masyarakat (data primer). Untuk olah data sekunder digunakan metode indeksasi, yang hasilnya dibandingkan dengan daerah induk (Kabupaten Pasaman), dan dibuktikan dengan metode uji beda t (t-test independen). Sementara itu untuk data primer digunakan metode penyebaran kuisioner dengan sistem penilaian skala likert (skor 1-5) dengan teknik proportional area random sampling. Selanjutnya dari data primer akan dianalis lagi untuk melihat pengaruh kinerja ekonomi, keuangan daerah, pelayanan publik dan kinerja aparatur terhadap keberhasilan pemekaran daerah Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model Regresi Logistik Biner . Dari perhitungan Indeks Kinerja Ekonomi (IKE), Indeks Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (IKKPD), Indeks Kinerja Pelayanan Publik (IKPP) dan Indeks Kinerja Aparatur (IKA) Kabupaten Pasaman Barat dan daerah induknya serta telah dilakukan uji beda t, didapatkan hasil bahwa nilai IKE dan IKA Kabupaten Pasaman Barat lebih unggul dari daerah induk yang dibuktikan dengan nilai signifikan t kecil 0,05 sementara nilai IKKPD dan IKPP Kabupaten Pasaman Barat lebih rendah dibandingkan dengan daerah induk, dengan nilai signifikan t besar 0,05 (artinya perbedaan dua daerah tidak signifikan). Dari persepsi masyarakat disimpulkan bahwa kinerja ekonomi dan kinerja keuangan daerah signifikan mempengaruhi keberhasilan pemekaran daerah di Kabupaten Pasaman Barat sementara kinerja palayanan publik dan kinerja aparatur tidak signifikan mempengaruhi keberhasilan pemekaran daerah di Kabupaten Pasaman Barat, dengan nilai R² sebesar 0.279 yang berarti bahwa variabel bebas yang diuji memberikan pengaruh sebesar 27,9% terhadap keberhasilan pemekaran daerah di Kabupaten Pasaman Barat sementara sisanya 72,1% ditentukan oleh variabel lain diluar model ini. Kata Kunci : Pemekaran Daerah, Kabupaten Pasaman Barat, daerah induk (Kabupaten Pasaman), kinerja ekonomi, kinerja keuangan daerah, kinerja pelayanan publik, kinerja aparatur.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. ADRIMAS, SE, MS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 26 Oct 2017 15:58
Last Modified: 28 Nov 2018 16:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31123

Actions (login required)

View Item View Item