KAJIAN CEKAMAN ALUMUNIUM PADA PERTUMBUHAN AWAL DUA BELAS GENOTIPE PADI BERAS MERAH (Oryza nivara) LOKAL SUMATRA BARAT DI MEDIA KULTUR HARA

Nike, Vorinda Putri (2017) KAJIAN CEKAMAN ALUMUNIUM PADA PERTUMBUHAN AWAL DUA BELAS GENOTIPE PADI BERAS MERAH (Oryza nivara) LOKAL SUMATRA BARAT DI MEDIA KULTUR HARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text
skipsi full keke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

KAJIAN CEKAMAN ALUMUNIUM PADA PERTUMBUHAN AWAL DUA BELAS GENOTIPE PADI BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) LOKAL SUMATERA BARAT DI MEDIA KULTUR HARA ABSTRAK Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Benih dan Rumah kaca Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, dari bulan Maret hingga Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara konsentrasi cekaman alumunium dengan 12 genotipe padi beras merah lokal, melihat genotipe padi beras merah yang toleran terhadap cekaman alumunium, melihat dan mendapatkan interaksi konsentrasi cekaman alumunium pada pertumbuhan akar padi beras merah lokal dimasa pertumbuhan awal. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama yaitu genotipe padi beras merah yang terdiri dari 12 taraf yaitu genotipe padi beras Padi Gogo, Sibandung, Sungai Abu, Situjuah, Perbatasan, Sikarojuk, Pasaman Timur, Balingka, Silomlom Pulen, Ladang Talamau, Ladang Duo Koto Putiah dan Sigambiri (kr). Faktor yang kedua yaitu dosis dari AlCl3 yang terdiri dari lima taraf yaitu : konsentrasi AlCl3 0 ppm, 5 ppm,10 ppm, 15 ppm dan20 ppm. Data pengamatan dianalisis dengan uji F jika F hitung lebih besar dari pada F tabel dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi antara konsentrasi cekaman alumunium dengan 12 genotipe padi beras merah lokal dimasa pertumbuhan awal pada parameter tinggi tanaman, panjang daun, dan lebar daun. Berdasarkan tingkat toleransi genotipe tanaman padi beras merah pada cekaman alumunium didapatkan sigambiri dan situjuah terdapat pada kategori peka, sedangkan ladang duo koto putiah terdapat pada kategori toleran. Berdasarkan panjang akar relatif padi beras merah dan pertambahan panjang akar relatif, genotipe yang termasuk kategori toleran adalah genotipe ladang duo koto putiah pada konsentrasi cekaman alumunium 15 ppm. Kata kunci : padi beras merah, aluminium, cekaman, genotipe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Indra Dwipa, MS
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2017 16:52
Last Modified: 26 Oct 2017 16:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31116

Actions (login required)

View Item View Item