PEMANFAATAN MEDIA ARANG BATOK KELAPA DAN ARANG SEKAM PADI PADA BUDIDAYA KANGKUNG (Ipomoea aquatica) UNTUK MENGURANGI KANDUNGAN AMONIA, SULFIDA, LOGAM Cu DAN Zn DALAM SISTEM HIDROPONIK SKALA LABORATORIUM

IRWAN, IRWAN (2017) PEMANFAATAN MEDIA ARANG BATOK KELAPA DAN ARANG SEKAM PADI PADA BUDIDAYA KANGKUNG (Ipomoea aquatica) UNTUK MENGURANGI KANDUNGAN AMONIA, SULFIDA, LOGAM Cu DAN Zn DALAM SISTEM HIDROPONIK SKALA LABORATORIUM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Upload.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I-Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V-Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI IRWAN V3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian hidroponik skala laboratorium dengan sistem sumbu untuk mengurangi kandungan amonia, sulfida, logam tembaga dan seng yang terdapat dalam larutan pelet ikan telah dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dengan 5 perlakuan. Untuk uji kandungan amonia larutan sampel dilakukan pengenceran dengan menggunakan akuades, sedangkan untuk uji kandungan sulfida, logam besi dan seng larutan sampel didestruksi terlebih dahulu menggunakan HNO3 65% dan kemudian dipanaskan sampai diperoleh larutan berwarna (bening). Kandungan amonia dianalisis menggunakan spektrofotometer UV/Vis, sedangkan kandungan sulfida, logam tembaga dan seng dianalisis menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA). Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui waktu optimal proses pengurangan kandungan amonia, sulfida, logam tembaga dan seng pada variasi waktu 30 hari sistem hidroponik. Pada variasi waktu 30 hari ini dilakukan pembuatan hidroponik skala laboratorium menggunakan variasi media dengan tanaman kangkung (Ipomoea aquatica) sebagai tanaman budidaya. Dari penelitian diketahui bahwa tanaman budidaya hanya tumbuh pada media 100% sekam padi. Untuk proses pengurangan amonia, sulfida, logam tembaga dan seng diperoleh data bahwa variasi media yang paling bagus untuk proses pengurangan adalah media dengan komposisi 100% batok kelapa dan 100% sekam padi. Kata kunci : Hidroponik, Amonia, Sulfida, Logam Cu, Logam Zn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Deswati, M.S
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 01 Nov 2017 11:50
Last Modified: 01 Nov 2017 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item