DISAIN ELEMEN STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN SISTEM GANDA; SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS (SRPMK) DAN SISTEM DINDING STRUKTUR KHUSUS (SDSK)

rusdi, ansyori (2017) DISAIN ELEMEN STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN SISTEM GANDA; SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS (SRPMK) DAN SISTEM DINDING STRUKTUR KHUSUS (SDSK). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V PDF.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tugas Akhir Full)
TA FULL.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kota Padang terletak didaerah rawan gempa. Untuk membangun gedung didaerah gempa kuat harus menggunakan sistem disain struktur rangka pemikul momen khusus (SRPMK). Tugas akhir ini bertujuan untuk mendisain gedung 8 lantai dengan menggunakan dinding geser. Sistem yang digunakan adalah sistem ganda yaitu Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) dan Sistem Dinding Struktur Khusus (SDSK) yang berlokasi di daerah Kota Padang dengan kondisi tanah sedang. Pendisainan meliputi elemen struktur balok, kolom, plat lantai, sambungan balok-kolom dan dinding geser. Pendisainan ini menggunakan peraturan SNI 03-2847-2013, beban yang diperhitungkan adalah beban mati, beban hidup dan beban gempa. Sedangkan peraturan gempa yang dipakai adalah SNI 1762-2012. Proses analisis struktur menggunakan software ETABS.9.71 dengan permodelan 3 dimensi. Disain elemen struktur menggunakan konsep disain kapasitas. Keruntuhan pada penampang harus ditentukan oleh keruntuhan tulangan atau kondisi underreinforced. Kapasitas tulangan geser harus lebih besar 1,25fy dari kapasitas tulangan geser. Keruntuhan kolom tidak boleh terjadi sebelum keruntuhan balok, dimana kapasitas disain kolom lebih besar 1,2 kali dari kapasitas disain balok. Dari hasil pendisainan yang dilakukan, didapatkan penampang balok, kolom maupun tebal plat lantai dan tebal dinding geser yang digunakan sesuai dengan preliminary design. Tidak ada perubahan penampang karena rasio tulangan yang didapatkan telah memenuhi syarat yang diatur didalam SNI dan untuk syarat kapasitas juga telah memenuhi. Kata kunci : Struktur, gedung perkantoran 8 lantai, SRPMK, SDSK, rasio tulangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RUDDY KURNIAWAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 26 Oct 2017 15:30
Last Modified: 26 Oct 2017 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31016

Actions (login required)

View Item View Item