STUDI PERBANDINGAN ANALISIS STRUKTUR RUSUNAWA UNAND DENGAN SISTEM OPEN FRAME DAN SISTEM MEMPERHITUNGKAN KONTRIBUSI KEKAKUAN DINDING TERHADAP STRUKTUR

Irsyadul, Fikri (2017) STUDI PERBANDINGAN ANALISIS STRUKTUR RUSUNAWA UNAND DENGAN SISTEM OPEN FRAME DAN SISTEM MEMPERHITUNGKAN KONTRIBUSI KEKAKUAN DINDING TERHADAP STRUKTUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
bab V.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
tugas akhir full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Gedung Rusunawa Universitas Andalas merupakan salah satu fasilitas yang akan menunjang perkembangan dan kemajuan Universitas Andalas. Gedung Rusunawa Unand di desain menggunakan shear wall berbentuk lurus, dimana dalam analisis strukturnya menggunakan sistem open frame, yaitu beban mati dinding dijadikan sebagai beban tambahan pada balok. Dari hasil re-analisis yang dilakukan dengan menggunakan sistem open frame, didapatkan bahwa struktur gedung rusunawa ini tidak mampu menahan gaya yang bekerja, terutama gaya gempa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan analisis struktur gedung rusunawa ini dengan menggunakan peformance based design yaitu memperhitungkan kontrubusi kekakuan dari dinding bata yang dihitung bersama dengan elemen struktur lainnya seperti balok, kolom dan plat. Permodelan dan analisis struktur menggunakan software 3D Etabs 9.7.1 dilakukan dengan dua bentuk sistem perhitungan yaitu open frame dengan menggunakan beban dinding batako dari SNI 1727:2013 dan performance based design dengan menginputkan properties dari dinding batako. Dalam analisis ini beban yang dianalisis meliputi beban hidup, beban mati dan beban gempa. Hasil analis struktur menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan performance based design menghasilkan gaya-gaya dalam pada kolom dan balok serta displacement yang nilainya lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan sistem open frame. Terjadi Peningkatan gaya aksial pada kolom sebesar 6-25%, lalu penurunan gaya lintang dan momen sebesar 90-97%. Pada balok terjadi peningkatan gaya lintang dan momen lantai 1 sebesar 3-37% lalu terjadi penurunan pada lantai diatasnya sebesar 92-98%. Pada displacement yang dihasilkan terjadi penurunan arah x sebesar 92-97% dana rah y sebesar 37-71%. Kontribusi kekakuan dinding batako pada struktur rusunawa mampu meningkatkan kapasitas dari struktur bangunan rusunawa. Dari hasil analisis struktur menggunakan performance based design, kapasitas lentur dan geser pada kolom dan balok cukup mampu menahan seluruh beban yang bekerja termasuk beban gempa. Kata kunci : Open Frame, Peformance Based Design, Batako.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FAUZAN, Dr. Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 26 Oct 2017 11:19
Last Modified: 26 Oct 2017 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30959

Actions (login required)

View Item View Item