ANALISIS PENILAIAN TINGKAT MATURITAS PENYELENGGARAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Pariaman)

Helma, Fatiza (2017) ANALISIS PENILAIAN TINGKAT MATURITAS PENYELENGGARAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Pariaman). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan, menggambarkan dan menjelaskan tingkat maturitas/kematangan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Pemerintah Kota Pariaman. Penelitian ini juga bermaksud untuk memberikan saran maupun merumuskan strategi peningkatan maturitas penyelenggaraan SPIP dalam upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan SPIP dan meningkatkan kesadaran pemerintah daerah tentang pentingnya peningkatan efektivitas pengendalian intern dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Variabel yang menunjukkan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP dalam penelitian ini adalah sub-sub unsur dari lima unsur SPIP berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian internal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus pada Pemerintah Kota Pariaman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner dan hasil wawancara, sedangkan untuk mendapatkan data sekunder sebagai bahan rujukan diperoleh melalui studi dokumentasi, buku-buku, surat kabar, makalah dan dokumen-dokumen lainnya yang berhubungan dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Hasil dari penelitian kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maturitas penyelenggaraan SPIP di Pemerintah Kota Pariaman berada pada level “berkembang” atau tingkat 2 (dua) dari 6 (enam) tingkat maturitas SPIP. Hal ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan SPIP telah terselenggara dengan baik, meskipun ada beberapa dari sub unsur SPIP yang belum maksimal diterapkan dan perlu usaha atau strategi peningkatan dalam penerapan SPIP tersebut. Upaya yang dilakukan agar peningkatan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern pada Pemerintah Kota Pariaman sesuai dengan target yang diharapkan antara lain: 1) mensosialisasikan SPIP termasuk kebijakan dan prosedur kepada seluruh pegawai, 2) menyusun rencana pengembangan SPIP secara komprehensif dan mengembangkan pengendalian intern secara disiplin pada seluruh kegiatan, 3) mendokumentasikan pengendalian intern secara rapi terstruktur, rutin dan konsisten, 4) melakukan monitoring dan evaluasi atas efektivitas pengendalian secara periodik, 5) mengefektifkan peran satgas SPIP tingkat kota, dan 5) melakukan evaluasi atas implementasi SPIP pada seluruh SKPD di Kota Pariaman. Kata Kunci : Tingkat Maturitas, Pengendalian Internal, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 01 Nov 2017 10:44
Last Modified: 01 Nov 2017 10:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30870

Actions (login required)

View Item View Item