ANALISIS IMPLEMENTASI PELAYANAN ANTENATAL TERPADU TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH ( BBLR ) DI KOTA PADANG TAHUN 2017

Herlin, Sridiani (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI PELAYANAN ANTENATAL TERPADU TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH ( BBLR ) DI KOTA PADANG TAHUN 2017. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Pelayanan antenatal terpadu merupakan pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada semua ibu hamil dengan tujuan untuk mendeteksi dini kelainan/pennyakit/gangguan pada ibu hamil sehingga dapat dilakukan intervensi sedini mumgkin. Pemamfaatan pelayanan oleh ibu hamil di Kota Padang sudah mencapai target yang ditetapkan, namun angka kejadian BBLR terus meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai implementasi pelayanan antenatal terpadu terhadap kejadian berat badan lahir rendah ( BBLR ) di Kota Padang tahun 2017 dengan focus kepada input, proses, dan output pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dipilih secara purposive dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan telaah dokumen. Dari segi input tidak ada regulasi khusus yang diterbitkan pemerintah maupun dinas kesehatan mengenai pelayanan antenatal terpadu, serta masih terdapatnya kekurangan untuk jumlah tenaga kesehatan tertentu. Dari segi proses belum tersedia data yang valid untuk mendukung perencanaan kegiatan, pengorganisasian pelayanan belum efisien, masih ada ibu hamil yang tidak terpapar dengan pelayanan antenatal terpadu karena berbagai kendala dalam implementasi pelayanan sehingga walaupun secara output pelayanan telah mencapai target indikator namun dari segi outcome pelayanan antenatal terpadu belum efektif menurunkan kejadian BBLR di kota Padang. Keywords : Strategic Planning, Strategic Plan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. RIZANDA MACHMUD, M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Oct 2017 14:45
Last Modified: 26 Oct 2017 14:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item View Item