STUDI PEMODELAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) PADA RUAS JALAN NASIONAL DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Cici, Lestari (2017) STUDI PEMODELAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) PADA RUAS JALAN NASIONAL DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
3. Bab Akhir (Kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting bagi kelancaran dalam transportasi, dimana jalan selalu memfasilitasi setiap pergerakan yang terjadi baik pergerakan manusia maupun pergerakan barang , dengan asumsi bahwa kualitas kinerja ruas jalan harus memenuhi syarat kualitas minimal, yakni siap/dapat dioperasikan/digunakan setiap saat. Agar kualitas jalan tidak menurun maka perlu dilakukan suatu usaha untuk menjaga kualitas layanan jalan tersebut salah satunya dengan memantau nilai IRI (International Roughness Index) yang menunjukan besarnya kekasaraan permukaan jalan dalam satuan m/km, semakin besar nilai IRI maka semakin besar pula kerusakan jalan begitupun sebaliknya. Agar didapatkan nilai IRI yang benar – benar mewakili kondisi lapangan maka perlu diaji variabel – variabel yang mempengaruhinya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai SDI ((Surface Distress Index), jumlah kendaraan berat dan lebar jalan dapat mempengaruhi nilai IRI (International Roughness Index), ini dibuktikan dengan didapatkannya persamaan Y = 4,661 + 0,002 X2 - 0,344 X3 + 0,003 X5 dengan menggunakan model analisis regresi linier berganda, dimana Y adalah nilai IRI (International Roughness Index), X2 adalah jumlah kendaraan berat, X3 adalah lebar Jalan, dan X5 adalah nilai SDI ((Surface Distress Index). Pada persamaan diatas dapat dijelaskan bahwa nilai IRI dipengaruhi oleh variabel – variabel tersebut diatas. Kata Kunci : IRI, SDI, kendaraan berat, LHR

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 15:03
Last Modified: 25 Oct 2017 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30803

Actions (login required)

View Item View Item