Cici, Lestari (2017) STUDI PEMODELAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) PADA RUAS JALAN NASIONAL DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
3. Bab Akhir (Kesimpulan dan saran).pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting bagi kelancaran dalam transportasi, dimana jalan selalu memfasilitasi setiap pergerakan yang terjadi baik pergerakan manusia maupun pergerakan barang , dengan asumsi bahwa kualitas kinerja ruas jalan harus memenuhi syarat kualitas minimal, yakni siap/dapat dioperasikan/digunakan setiap saat. Agar kualitas jalan tidak menurun maka perlu dilakukan suatu usaha untuk menjaga kualitas layanan jalan tersebut salah satunya dengan memantau nilai IRI (International Roughness Index) yang menunjukan besarnya kekasaraan permukaan jalan dalam satuan m/km, semakin besar nilai IRI maka semakin besar pula kerusakan jalan begitupun sebaliknya. Agar didapatkan nilai IRI yang benar – benar mewakili kondisi lapangan maka perlu diaji variabel – variabel yang mempengaruhinya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai SDI ((Surface Distress Index), jumlah kendaraan berat dan lebar jalan dapat mempengaruhi nilai IRI (International Roughness Index), ini dibuktikan dengan didapatkannya persamaan Y = 4,661 + 0,002 X2 - 0,344 X3 + 0,003 X5 dengan menggunakan model analisis regresi linier berganda, dimana Y adalah nilai IRI (International Roughness Index), X2 adalah jumlah kendaraan berat, X3 adalah lebar Jalan, dan X5 adalah nilai SDI ((Surface Distress Index). Pada persamaan diatas dapat dijelaskan bahwa nilai IRI dipengaruhi oleh variabel – variabel tersebut diatas. Kata Kunci : IRI, SDI, kendaraan berat, LHR
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | PURNAWAN, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 15:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 15:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30803 |
Actions (login required)
View Item |