Analisis Pengaruh SVC (Static VAR Compensator) untuk Perbaikan Profil Tegangan dan Pengurangan Rugi Transmisi Studi Kasus Batam

Yuni, Ika Rahmi (2017) Analisis Pengaruh SVC (Static VAR Compensator) untuk Perbaikan Profil Tegangan dan Pengurangan Rugi Transmisi Studi Kasus Batam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan zaman mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan perekonomian sehingga berdampak pada tingginya beban pada sistem tenaga. Batam merupakan kota yang memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri dan membutuhkan daya yang besar dalam penyalurannya. Untuk mengatasi jatuh tegangan, dapat dipasang FACTS Devices, salah satunya adalah SVC. SVC dapat menyerap/menghasilkan daya reaktif untuk mengontrol aliran daya pada system kelistrikan Batam. Metode Newton Raphson merupakan salah satu metode aliran daya yang terdapat dalam program ETAP 12.6.0. Dengan melakukan simulasi pada sistem kelistrikan Batam, maka dapat dilihat aliran daya pada sistem sebelum penambahan SVC. Aliran daya tersebut akan menampilkan bagian system yang mengalami penurunan tegangan untuk dijadikan sebagai referensi dalam perhitungan parameter SVC. Simulasi ETAP 12.6.0 dapat membantu dalam melihat aliran daya pada sistem kelistrikan Batam hingga didapatkan posisi penempatan SVC pada bus 20 kV GI Tj. Uban. Pada bus ini dipasang 1 unit SVC dengan parameter hasil perhitungan yang dihasilkan nilai QC dan QL sebesar 15699,2 kVAR dan 31358,18 kVAR. Dengan parameter tersebut, hasil simulasi menunjukkan bahwa pemasangan SVC berpengaruh terhadap kenaikan tegangan pada sistem transmisi Batam dan juga terhadap bus 20 kV GI Tj. Uban yang mengalami kenaikan tegangan sebesar 1,132 kV dengan selisih daya aktif sebesar 6 kV. Kata kunci : FACTS, Metode Newton Raphson, SVC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. H. Syukri Yunus, M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 03 Nov 2017 11:05
Last Modified: 03 Nov 2017 11:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item