Bioakumulasi Logam Kromium (Cr) Pada Insang dan Usus Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Akibat Paparan Limbah Cair Penyamakan Kulit (Studi Kasus: UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang)

Hesti, Tiara Tamsin (2017) Bioakumulasi Logam Kromium (Cr) Pada Insang dan Usus Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Akibat Paparan Limbah Cair Penyamakan Kulit (Studi Kasus: UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bioakumulasi logam Cr yang terkandung di dalam insang dan usus ikan nila (Oreochromis niloticus) akibat paparan limbah cair industri penyamakan kulit UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang. Penentuan konsentrasi Cr pada hewan uji dilakukan dengan metode destruksi terhadap insang dan usus ikan nila, kemudian diukur dengan Atomic Absorbtion Spectrophotometer (AAS). Variasi konsentrasi limbah cair yang digunakan adalah 1/14 LC50-96 jam (1,85%) dam 1/7 LC50-96 jam (3,69%). Percobaan dilakukan secara triplo selama 30 hari setelah hewan uji diaklimatisasi. Kemampuan bioakumulasi pada organ insang dan usus didapatkan dengan menghitung nilai Bioconcentration Factor (BCF). Nilai BCF yang didapatkan selama hari penelitian 0-30 adalah <100, termasuk ke dalam kategori akumulatif rendah. Hubungan lama paparan dan variasi konsentrasi limbah cair industri penyamakan kulit terhadap nilai BCF pada insang dan usus ikan nila adalah sangat kuat, dengan nilai r= 0,831-0,992. Nilai p-value yang didapatkan adalah 0,000 atau p<0,05 yang berarti hasil analisis penelitian terdapat perbedaan nyata. Kata Kunci: bioakumulasi, logam Kromium, insang dan usus, ikan nila, penyamakan kulit UPTD Padang Panjang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TIVANY EDWIN, M. Eng
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Oct 2017 14:59
Last Modified: 25 Oct 2017 14:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30774

Actions (login required)

View Item View Item