Implementasi Perancangan Sistem Kontrol Crusher Limestone Menggunakan PLC Siemens S7-300 Dan HMI Win CC Di Tambang PT. Semen Padang

RIZKY, DIO FADILAH (2017) Implementasi Perancangan Sistem Kontrol Crusher Limestone Menggunakan PLC Siemens S7-300 Dan HMI Win CC Di Tambang PT. Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
LAPORAN TUGAS AKHIR RIZKY DIO FADILAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Semen Padang merupakan salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Keberadaan perusahaan industri tersebut tidak lepas dari muculnya berbagai macam teknologi mulai dari teknologi yang baru ditemukan, sampai dengan teknologi yang merupakan perkembangan dari teknologi-teknologi sebelumnya. Seiring berkembangnya perusahaan dan bertambahnya konsumen, proses produksi dari pengolahan bahan batu kapur menjadi lebih besar yaitu 1 ton per kemasan. Batu kapur merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan semen yang mempunyai kebutuhan terbesar yaitu 80%. Dengan proses produksi yang besar ini maka diperlukan penerapan teknologi dengan sistem pengontrolan dalam menjalankan proses produksi pembuatan semen. Selain membuat proses produksi menjadi lebih efisien, sistem pengontrolan ini juga dapat mengetahui informasi mengenai kondisi peralatan di lapangan. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan adanya perancangan sistem kontrol pada crusher batu kapur. Batu kapur (limestone) diperoleh dari hasil penambangan di Bukit Karang Putih. Kemudian akan diangkut dengan menggunakan dump truck. Batu kapur dimasukkan kedalam hopper sebagai penampungan awal untuk diproses kedalam crusher. Material batu kapur akan masuk ke roller untuk memisahkan batu kapur sehingga batu kapur yang ukurannya ≤ 50 mm akan jatuh menuju belt conveyor. Batu kapur yang berukuran ≥ 50 mm akan diteruskan menuju hammer untuk dihancurkan dan akan jatuh meunju belt conveyor. Pada penelitian ini telah berhasil dirancang dan dianalisa Program PLC Siemens S7-300 dan tampilan HMI dimana telah dijelaskan alur proses dari Crusher sampai belt conveyor. Terdapat 3 macam program pendeteksi kesalahan yang dapat dilihat di autodesk. Hal ini membuat proses troubleshooting menjadi lebih mudah tanpa harus melihat panel satu per satu. Penggunaan PLC dan HMI ini secara signifikan memberi keuntungan baik dari segi efisiensi waktu maupun penggunaan relay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zaini, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 31 Oct 2017 16:00
Last Modified: 31 Oct 2017 16:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30773

Actions (login required)

View Item View Item