PENGARUH PAPARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT TERHADAP KERUSAKAN JARINGAN INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus)(Studi Kasus : UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang)

Rislah, Laila Amas Putri (2017) PENGARUH PAPARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT TERHADAP KERUSAKAN JARINGAN INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus)(Studi Kasus : UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text (TA UTUH)
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan limbah cair penyamakan kulit UPTD Padang Panjang terhadap kerusakan jaringan insang ikan nila secara mikroskopis. Variasi konsentrasi limbah cair penyamakan kulit yang digunakan adalah 1/14 (1,85%)dan1/14 (3,69%)dari LC 96 jam. Uji toksisitas subletal dilakukan selama 30 hari. Pengamatan jaringan insang ikan nila dilakukan pada hari ke-0, 10, 20 dan 30 kemudian dilanjutkan dengan skoring terhadap kerusakan jaringan insang. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah edema pada kontrol dengan rentang skor 0-1, pada konsentrasi 1,85% limbah cair mengalami kerusakan berupa hiperplasia pada basal proksimal, fusi, hiperplasia pada seluruh lamela sekunder dan nekrosis dengan rentang skor 2-5, sedangkan pada konsentrasi 3,69% limbah cair mengalami hiperplasia pada seluruh lamela sekunder dan nekrosis dengan rentang skor 4-5. Hasil analisis regresikorelasi antara lama paparan dan konsentrasi terhadap kerusakan jaringan insang ikan nila menunjukan hubungan yang kuat dengan nilai r= 0,87-1. Hasil Uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney yang menunjukan adanya perbedaan nyata antara variasi konsentrasi dan lama paparan terhadap kerusakan jaringan insang ikan nila (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukan semakin tinggi konsentrasi dan lama paparan limbah cair penyamakan kulit maka semakin besar kerusakan jaringan insang ikan nila yang terjadi. Kata kunci : ikan nila, toksisitas, limbah cair penyamakan kulit, UPTD Padang Panjang, 50 kerusakan jaringan insang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TIVANY EDWIN, M.Eng
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Oct 2017 15:03
Last Modified: 25 Oct 2017 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30770

Actions (login required)

View Item View Item