Aplikasi Metode Single-phase Transport Delay PLL (PLL-dq-FIFO) untuk Sistem Sinkronisasi Inverter Photovoltaic Terhubung Grid

Wina, Kurniati (2017) Aplikasi Metode Single-phase Transport Delay PLL (PLL-dq-FIFO) untuk Sistem Sinkronisasi Inverter Photovoltaic Terhubung Grid. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
5. Abstrak11111.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
7. BAB I-V upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk menguji performansi metode Phase Locked Loop (PLL) serta membandingkan pengaplikasian metode PLL tersebut jika digunakan pada sistem sinkronisasi Inverter Photovoltaic terhubung Grid yang menggunakan jenis topologi inverter berbeda yaitu Full Bridge Inverter dan Half Bridge Inverter. Pengujian dilakukan secara tiga tahap yaitu simulasi performansi metode PLL, simulasi sistem sinkronisasi saat menggunakan Full Bridge Inverter, dan simulasi sistem sinkronisasi menggunakan Half Bridge Inverter. Saat melakukan simulasi performansi metode PLL, jenis metode PLL yang digunakan adalah Single-phase Transport Delay PLL (PLL-dq-FIFO). Prinsip kerja dari jenis PLL ini adalah memanfaatkan dua sinyal input yang salah satu sinyalnya tertinggal 90º dari sinyal asli. Untuk menguji performansi metode PLL ini maka dilakukan variasi nilai input diantaranya perubahan nilai frekuensi dan perubahan nilai sudut fasa. Selanjutnya simulasi yang dilakukan adalah membandingkan pengaplikasian metode PLL tersebut jika digunakan pada sistem sinkronisasi Inverter Photovoltaic terhubung Grid yang menggunakan jenis topologi inverter berbeda yaitu Full Bridge Inverter dan Half Bridge Inverter. Setelah dilakukan simulasi-simulasi tersebut didapatlah hasil yang memperlihatkan bahwa metode PLL yang digunakan memiliki kualitas yang cukup bagus, dibuktikan dengan terjadinya sinkronisasi antara output dan input PLL. Metode PLL mampu melakukan sinkronisasi saat terjadi perubahan frekuensi dari 50 Hz menjadi 30 Hz, serta mampu melakukan sinkronisasi saat terjadi perubahan sudut fasa dari 0 rad menjadi 1/10π rad, 2/10π rad , 3/10π rad dan waktu sinkron pada masing-masing perubahan adalah 40 s, 54 s, 62,7 s. Kemudian saat metode PLL ini digunakan pada sistem sinkronisasi Inverter Photovoltaic terhubung grid dengan jenis inverter yang berbeda, metode PLL mampu mengontrol sistem sehingga arus output inverter dan tegangan grid menjadi sinkron.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M. Imran Hamid, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Oct 2017 12:16
Last Modified: 30 Oct 2017 12:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item