PENGARUH SEL PUNCA MESENKIMAL PADA SCAFFOLD PRIMO TERHADAP KADAR ENZIM PROTEOLITIK, TRANSFORMING GROWTH FACTOR β, FUSI KOLUMNA VERTEBRALIS YANG DILAKUKAN LAMINOPLASTI

RONI, EKA SAHPUTRA (2017) PENGARUH SEL PUNCA MESENKIMAL PADA SCAFFOLD PRIMO TERHADAP KADAR ENZIM PROTEOLITIK, TRANSFORMING GROWTH FACTOR β, FUSI KOLUMNA VERTEBRALIS YANG DILAKUKAN LAMINOPLASTI. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text
Disertasi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH SEL PUNCA MESENKIMAL PADA SCAFFOLD PRIMO TERHADAP KADAR ENZIM PROTEOLITIK,TRANSFORMING GROWTH FACTOR β, FUSI KOLUMNA VERTEBRALIS YANG DILAKUKAN LAMINOPLASTI Roni Eka Sahputra Kelainan pada tulang belakang khususnya stenosis spinal pada saat ini merupakan masalah yang sering terjadi dengan kisaran 65% dari seluruh populasi yang mengalami nyeri pinggang sehingga menyebabkan penurunan kualitas hidup. Seiring perkembangannya, berbagai metode Laminoplasti menjadi alternatif dalam penanganan spinal stenosis. Berbagai macam bentuk scaffold telah dikembangkan sebagai penyangga. Scaffold yang ditanamkan sel punca mesenkimal diduga akan memberikan hasil yang lebih baik. Efek sel punca mesenkimal akan terlihat pada sirkulasi sistemik dimana adanya perubahan kadar MMP-8 dan TGF β. Scaffold 3 dimensi dengan bahan polymer murni, bahan isolasi sel punca serta alat dan bahan untuk Laminoplasti merupakan material yang akan digunakan. Untuk pemeriksaan MMP-8 dan TGF- β menggunakan Elisa Kit. Penelitian ini merupakan eksperimental murni dengan disain post test only control, dimana menggunakan 16 ekor kelinci sebagai sampel yang akan dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu kelompok pertama dengan tindakan laminoplasti saja, kelompok kedua laminoplasti dengan autograf, kelompok ketiga laminoplasti dengan scaffold saja dan terakhir kelompok laminoplasti dengan scaffold yang disertasi penanaman sel punca mesenkimal. Penelitian ini dimulai dari Mei 2017 hingga Juli 2017. Hasil penelitian dengan Uji Post Hoc (Bonferroni) antar perlakuan terhadap kadar MMP-8 didapatkan perbedaan yang bermakna (p < 0,05). Sedangkan kadar TGF-β terdapat kecenderungan meningkat pada setiap perlakuan, namun tidak bermakna secara statistik. Hasil statistik dengan Uji Post Hoc (Bonferroni) terhadap jumlah osteoblast terdapat peningkatan yang bermakna (p < 0,05) pada semua perlakuan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sel punca mesenkimal meningkatkan jumlah sel osteoblast pada kelinci setelah dilakukan tindakan Laminoplasty. Kata kunci: Laminoplasti, Sel Punca Mesenkimal, MMP-8, TGF-β, Osteoblas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr.dr Yanwirasti, PA (K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 26 Oct 2017 12:28
Last Modified: 26 Oct 2017 12:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30729

Actions (login required)

View Item View Item