Pengaruh Subletal Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit Terhadap Rasio Konversi Pakan dan Laju Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Vira, Elza (2017) Pengaruh Subletal Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit Terhadap Rasio Konversi Pakan dan Laju Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh subletal limbah cair penyamakan kulit terhadap rasio konversi pakan (FCR) dan laju pertumbuhan ikan nila (SGR). Variasi konsentrasi yang digunakan yaitu 1/14 LC50-96 jam (1,85%) dan 1/7 LC50-96 jam (3,69%) limbah cair penyamakan kulit UPTD Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan kontrol yang tidak menggunakan limbah cair dan dilakukan secara triplo. Uji subletal dilakukan selama 28 hari setelah masa aklimatisasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi, korelasi serta uji signifikansi ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan pada konsentrasi 1,85% limbah cair penyamakan kulit terjadi peningkatan rasio konversi pakan sebesar 1,19 dan penurunan laju pertumbuhan sebesar 3,09%; sedangkan pada konsentrasi 3,69% terjadi peningkatan rasio konversi pakan sebesar 1,75 dan penurunan laju pertumbuhan sebesar 3,72%. Nilai korelasi yang didapatkan berada pada rentang 0,8-1,0 yang berarti memiliki korelasi yang sangat kuat antara rasio konversi pakan dan laju pertumbuhan ikan nila terhadap lama pemaparan. Pada uji signifikansiyang diperoleh nilai 0,000 yang berarti p<0,05 sehingga hubungan antara parameter signifikan. Kata Kunci: subletal, limbah cair penyamakan kulit UPTD Padang Panjang, rasio konversi pakan, laju pertumbuhan, ikan nila

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIQ IHSAN, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Oct 2017 15:02
Last Modified: 25 Oct 2017 15:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item