Analisa Pemahaman Mandor Dan Pekerja Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Pembangunan Hotel Whiz Prime Padang

Nur, Kumala Sari (2017) Analisa Pemahaman Mandor Dan Pekerja Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Pembangunan Hotel Whiz Prime Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover AND aBSTRAK)
Cover.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
Bab V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsifulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu proyek konstruksi resiko kecelakaan kerja sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman mandor dan pekerja tehadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Untuk itu dilakukanlah penelitian Analisa Pemahaman Mandor dan Pekerja Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Hotel Whiz Prime. Penelitian dilakukan dengan survey lapangan dan wawancara langsung kepada 5 orang mandor dan 30 orang pekerja yang bekerja diproyek Hotel Whiz Prime. Didalam kuisioner berisi data umum pekerja serta kepahaman mandor dan pekerja terhadap K3. Hasil penelitian yang didapat yaitu mandor dan pekerja pada proyek Hotel Whiz prime padang masih kurang memahami K3 terutama pada item K3 berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan rambu-rambu peringatan. Kurangnya pemahaman mandor dan pekerja disebabkan oleh beberapa faktor seperti pendidikan pekerja yang masih rendah, pengalaman kerja yang kurang dan banyaknya pekerja yang tidak pernah ikut pelatihan kerja. Kemudian dari 30 responden 12 orang pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja pada proyek Hotel Whiz Prime. Hal tersebut disebabkan oleh pekerja yang tidak mematuhi K3. Alasan para pekerja tidak mematuhi K3 pada proyek Hotel Whiz Prime Yaitu karena sarana K3 yang tidak memadai, pekerja yang tidak nyaman menggunakan APD, kurangnya kebersihan proyek serta kerja lembur yang terlalu panjang. Kata Kunci : Pemahaman, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kecelakaan Kerja, Mandor, Pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Bambang Istijono, ME
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 12:07
Last Modified: 25 Oct 2017 12:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item