EVALUASI CEMARAN BAKTERI, KANDUNGAN LAKTOSA DAN pH SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA DI PETERNAKAN BONCAH RAYA KABUPATEN TANAH DATAR

Rahma, Dani (2017) EVALUASI CEMARAN BAKTERI, KANDUNGAN LAKTOSA DAN pH SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA DI PETERNAKAN BONCAH RAYA KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
05. SKRIPSI FULL RAHMA DANI baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi total bakteri, kandungan laktosa dan pH susu kambing peranakan etawa di Peternakan Boncah Raya Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumber informasi mengenai cemaran bakteri, kandungan laktosa dan pH susu kambing Peranakan Etawa di Peternakan Boncah Raya Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan kambing Peranakan Etawa laktasi ke 1 dan 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode surveidan analisis laboratorium. Peubah yang diamati adalah TPC (Total Plate Count), kandungan laktosa dan pH susu kambing Peranakan Etawa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TPC susu kambing Peranakan Etawa adalah 8,3 x 105±3,51CFU/ml, sedangkan rataan laktosa adalah 4,45±1,51% dan rataan pH adalah 6,4±0,87. Penerapan Aspek Teknis Pada Usaha Peternakan Kambing Peranakan Etawa Boncah Raya Kabupaten Tanah Datar mendapatkan skor 85,5% yang merupakan termasuk kedalam kategori baik (skor 81%-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas susu Kambing Peranakan Etawa di Peternakan Boncah Rayasudah baik dan telah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) 2011. Kata kunci : Kambing Peranakan Etawa, TPC (Total Plate Count),Laktosa Susu, pH Susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. DRH. YULIA YELLITA, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 30 Oct 2017 12:50
Last Modified: 30 Oct 2017 12:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item View Item