PEMBUATAN GREEN PAVEMENT DENGAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK PET, HDPE, DAN LDPE SEBAGAI BAHAN ADITIF DALAM CAMPURAN AC-WC

Harry, Malz Harpendi (2017) PEMBUATAN GREEN PAVEMENT DENGAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK PET, HDPE, DAN LDPE SEBAGAI BAHAN ADITIF DALAM CAMPURAN AC-WC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 (Penutup & Kesimpulan))
Bab 6 (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang timbul terkait konstruksi jalan raya adalah menipisnya jumlah material seperti agregat dan aspal. Aspal merupakan komponen utama dalam perkerasan lentur yang berperan mengikat agregat. Oleh karena itu, diperlukan material tambahan (aditif) pada campuran aspal yang dapat mengurangi penggunaan aspal. Salah satu bahan aditif dalam campuran aspal yang dapat digunakan yaitu plastik karena plastik memiliki sifat yang mirip dengan aspal yaitu termoplastik dan hidrofobik. Penggunaan plastik dalam campuran aspal dapat mengurangi sampah plastik yang ada dilingkungan sehingga dapat dihasikan perkerasan jalan yang bersifat ramah lingkungan (green pavement). Beberapa jenis plastik yang dapat digunakan sebagai bahan aditif yaitu PET, HDPE, dan LDPE karena jumlah ketersediaannya yang cukup banyak sehingga plastik sebagai bahan aditif dapat diaplikasikan pada pembuatan laston (lapisan aspal beton). Laston dikenal pula dengan nama AC (Asphalt Concrete). Penambahan plastik pada campuran aspal dapat menghasilkan perkerasan jalan yang bersifat ramah lingkungan (green pavement) karena mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan. Pada penelitian ini, campuran aspal dan plastik diuji dengan alat marshall (marshall test). Perbandingan plastik yang digunakan adalah 33,3% PET, 33,3% HDPE, dan 33,3% LDPE untuk total keseluruhan plastik. Nilai stabilitas yang diperoleh dengan campuran plastik meningkat sebesar 66,73% pada kadar plastik 8% dibandingkan bahan standar. Kadar plastik terbaik dan kadar aspal optimum yang diperoleh yaitu 5% dan 6,75% masing-masingnya. Kata Kunci: Green Pavement, Aspal, Plastik, Bahan Aditif, Marshall Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 09:39
Last Modified: 25 Oct 2017 09:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item