Pengaruh Penggunaan Jerami Jagung sebagai Pengganti Rumput Lapangan dalam Ransum Terhadap Kecernaan fraksi Serat (NDF, ADF, Selulosa dan Hemiselulosa) Secara In Vitro.

Novrariani, Nur (2017) Pengaruh Penggunaan Jerami Jagung sebagai Pengganti Rumput Lapangan dalam Ransum Terhadap Kecernaan fraksi Serat (NDF, ADF, Selulosa dan Hemiselulosa) Secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
3. BAB V. Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full Text Skripsi)
5. full text skripsi.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN JERAMI JAGUNG SEBAGAI PENGGANTI RUMPUT LAPANGAN DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN FRAKSI SERAT (NDF, ADF, SELULOSA DAN HEMISELULOSA) SECARA IN VITRO NUR NOVRARIANI Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian optimal jerami jagung yang dicampurkan ke dalam ransum sebagai pengganti rumput lapangan, yang dilakukan secara in vitro. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan sebagai kelompok. Perlakuan terhadap ransum disusun sebagai berikut: A (0% jerami jagung + 50% rumput lapangan + 50% Konsentrat), B (10% jerami jagung + 40% rumput lapangan + 50% Konsentrat), C (20% jerami jagung + 30% rumput lapangan + 50% Konsentrat), D (30% jerami jagung + 20% rumput lapangan + 50% Konsentrat), E (40% jerami jagung + 10% rumput lapangan + 50% Konsentrat), F (50% jerami jagung + 0% rumput lapangan + 50% Konsentrat). Parameter yang diukur adalah kecernaan fraksi serat (NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jerami jagung sebagai pengganti rumput lapangan dalam ransum memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan NDF dan selulosa, akan tetapi memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan ADF dan Hemiselulosa. Disimpulkan bahwa jerami jagung dapat digunakan sampai 30% dalam ransum atau 60% menggantikan rumput lapangan dengan nilai kecernaan NDF, ADF, Selulosa dan Hemiselulosa adalah 53,17%, 48,12%, 57,10% dan 61,57% Keywords: Jerami Jagung, Rumput Lapangan, Kecernaan In Vitro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2017 12:30
Last Modified: 25 Oct 2017 12:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30568

Actions (login required)

View Item View Item