PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PADANG DALAM SOSIALISASI POLITIK PILKADA SERENTAK GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2015 DI KOTA PADANG

Muhammad, iqbal (2017) PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PADANG DALAM SOSIALISASI POLITIK PILKADA SERENTAK GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2015 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
abstrak cover.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 PENDAHULUAN)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
bab 6 penutup.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dftr pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Iqbal, BP: 1010833016 Peran Sosialisasi Politik oleh KPUD Kota Padang dalam Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015. Dibimbing oleh Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, M.A dan Dewi Anggraini S.IP, M.Si. Skripsi ini terdiri dari +-115 Halaman dengan referensi 18 buku, 1 jurnal ,2 laporan penelitian dan 2 situs internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi di Kota Padang pada Pilkada Serantak Gubernur dan Wakil Gubenur di Sumatera Barat Tahun 2015. Sekaligus merupakan tingkat partisipasi terendah sejak pemilihan umum diselenggarakan di Kota Padang. Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Kota Padang dalam Pilkada Serentak merupakan tugas dan wewenang KPUD Kota Padang. Adanya regulasi berupa PKPU Nomor 5 dan Nomor 7 merupakan acuan bagi KPUD Kota Padang dalam melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Melihat rendahnya tingkat partisipasi di Kota Padng tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran sosialiasi politik yang dilakukan oleh KPUD Kota Padang dalam Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan teori sosialisasi politik dan konsep peran serta konsep sosialisasi politik berdasarkan Undang-Undang dan Peraturan KPU. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis permasalah ini, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pengumpulan data analisis data sekunder berupa data kegiatan KPUD Kota Padang dan data primer melalui wawancara dengan Komisioner KPUD Kota Padang, PPK, KPPS. Untuk objektifitas penelitian dilakukan melalui uji data dengan akademisi pemilu, panwaslu Kota Padang, dan masyarakat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rendahnya tingkat partisipasi di Kota Padang itu tidak dikarenakan oleh adanya PKPU Nomor 5 dan Nomor 7, akan tetapi dikarenakan lemahnya kinerja KPUD Kota Padang dalam mendata pemilih tetap di Kota Padang. Selain itu, KPUD Kota Padang dalam Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat merupakan perpanjang tanganan KPUD Provinsi di wilayah kerjanya. KPUD Kota Padang hanya bertugas dalam membantu melaksanakan dan mensukseskan program-program sosialisasi yang telah di susun dan di anggarkan oleh KPUD Provinsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, M.A
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 25 Oct 2017 12:57
Last Modified: 25 Oct 2017 12:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30499

Actions (login required)

View Item View Item