Hubungan Persepsi dengan Pelaksanaan Skrining Kanker Serviks Metode IVA pada Wanita Usia Subur menggunakan Pendekatan Teori Health Belief Model di Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2017

Soraya, Dwi Amanda (2017) Hubungan Persepsi dengan Pelaksanaan Skrining Kanker Serviks Metode IVA pada Wanita Usia Subur menggunakan Pendekatan Teori Health Belief Model di Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
3 BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5 SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skrining IVA merupakan perilaku kesehatan yang dapat dipengaruhi oleh persepsi dan kepercayaan individu terhadap penyakit kanker serviks. Saat ini kasus kanker serviks di dunia mencapai 1 juta dengan angka kematian 266.000, namun kesadaran WUS untuk melakukan skrining IVA masih rendah. Hal ini berkaitan dengan pemahaman WUS mengenai manfaat IVA dan adanya hambatan dari diri WUS itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dengan pelaksanaan skrining kanker serviks metode IVA pada wanita usia subur menggunakan pendekatan teori health belief model di Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2017. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan crosss sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dalam dua tahap yaitu Total Sampling dan Simple Random Sampling. Instrument penelitian berupa kuisioner tindakan IVA, persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi manfaat dan persepsi hambatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara persepsi kerentanan (p=0,03), persepsi keparahan (p=0,010), persepsi manfaat (p=0,015), dan persepsi hambatan (p=0,028) dengan tindakan skrining kanker serviks metode IVA. Kesimpulan persepsi kerentanan, keparahan, manfaat dan hambatan berhubungan positif dengan pelaksanaan skrining IVA oleh WUS di Puskesmas Lubuk Buaya. Disarankan kepada Puseksmas Lubuk Buaya agar meningkatkan lagi sosialisasi dan promosi kesehatan skrining kanker serviks metode IVA menggunakan media seperti poster dan brosur agar meningkatkan persepsi manfaat dan mengurangi hambatan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks metode IVA pada WUS. Kata kunci : Kanker serviks, IVA, Health Belief Model Daftar Pustaka : 42 (1988 – 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yanti Puspita Sari, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 12:40
Last Modified: 23 Oct 2017 12:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item View Item