HUBUNGAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN KESIAPAN PERAWAT DENGAN KEINGINAN UNTUK BEKERJA DALAM SITUASI BENCANA DI IGD RSUP DR. M.DJAMIL PADANG

Mery, Sepriani (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN KESIAPAN PERAWAT DENGAN KEINGINAN UNTUK BEKERJA DALAM SITUASI BENCANA DI IGD RSUP DR. M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
3. BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Text Full)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER 2017 Nama : Mery Sepriani No. Bp : 1311311092 Hubungan Pengetahuan, Keterampilan dan Kesiapan Perawat dengan Keinginan untuk Bekerja dalam Situasi Bencana di IGD RSUP Dr. M. Djamil Padang ABSTRAK Kejadian bencana mengalami peningkatan setiap tahun. Sumatera Barat menempati urutan ke-5 provinsi tertinggi kejadian bencana di Indonesia. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keinginan perawat untuk tetap bekerja saat bencana di IGD salah satunya yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan yang dimiliki perawat tentang penanggulangan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan perawat dengan keinginan untuk bekerja dalam situasi bencana di IGD RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017. Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus 2017. Sampel penelitian ini adalah 35 orang perawat IGD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner DPET dan keinginan bekerja perawat. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan batas kemaknaan p  0,05. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan perawat dengan keinginan bekerja dengan nilai p = 0,001, adanya hubungan keterampilan perawat dengan keinginan bekerja dengan nilai p = 0,004, serta adanya hubungan antara kesiapan perawat dengan keinginan bekerja dengan nilai p = 0,028. Diharapkan perawat dapat terus meningkatkan upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan tentang penanggulangan bencana, supaya keinginan bekerja saat bencana bisa dipertahankan sehingga saat terjadi bencana rumah sakit tidak kekurangan tenaga perawat dan korban dapat ditolong sesegera mungkin. Kata Kunci : Bencana, Instalasi Gawat Darurat Keinginan Bekerja,Kesiapan, Keterampilan dan Pengetahuan Daftar Pustaka : 55 (2006-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp., MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 12:41
Last Modified: 23 Oct 2017 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item