Pengaruh Indonesian Group-based Diabetes Education Programme (InGDEP) Terhadap Self-care Behaviour Pada Pasien Diabetes Tipe-2 di Wilayah Kerja Puskesmas Singkarak Kabupaten Solok

Dilya, Eka Saputri (2017) Pengaruh Indonesian Group-based Diabetes Education Programme (InGDEP) Terhadap Self-care Behaviour Pada Pasien Diabetes Tipe-2 di Wilayah Kerja Puskesmas Singkarak Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

Saat ini terjadi peningkatan kejadian diabetes mellitus di seluruh dunia. Terdapat 382 juta orang yang hidup dengan diabetes pada tahun 2013 dan pada tahun 2035 diperkirakan meningkat menjadi 592 juta orang. Self-care adalah salah satu kunci manajemen penyakit kronis. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu pilar manajemen DM. Pendidikan kesehatan untuk pasien diabetes tipe-2 di wilayah kerja Puskesmas Singkarak masih bersifat umum.. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengimplementasi dan menganalisis pengaruh Indonesian Group-based Diabetes Education Programme (InGDEP) terhadap self-care behaviour pasien diabetes tipe-2. Desain penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 orang dan sampel berjumlah 30 orang yang terbagi ke dalam dua kelompok. 15 orang pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Paired T-test untuk menganalisis pengaruh dan independent T-test untuk membandingkan perbedaan self-care behaviour antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh InGDEP terhadap self-care behaviour ( p value = 0,000, p value< α) dan juga terdapat perbedaan self care behaviour antara dua kelompok (value = 0,000, p value< α), jadi dapat disimpulkan bahwa Indonesian Group-based Diabetes Education Programme (InGDEP) berpengaruh terhadap self-care behaviour pasien DM tipe-2 di wilayah kerja Puskesmas Singkarak Kabupaten Solok. Model edukasi berbasis kelompok seperti InGDEP ini menjadi salah satu alternative yang layak dikembangkan di masa akan datang. Kata Kunci : InGDEP, Diabetes Tipe-2, Self-care Behaviour Daftar Pustaka : 42 ( 2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:02
Last Modified: 23 Oct 2017 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item