HUBUNGAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DENGAN KEJADIAN PERAWAKAN PENDEK PADA ANAK BARU MASUK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

TAUFIIK, YOLA ANGGREKA (2017) HUBUNGAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DENGAN KEJADIAN PERAWAKAN PENDEK PADA ANAK BARU MASUK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
#1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
#2 bab 1 watermark.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
#3 bab akhir watermark.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
#4 daftar pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
#5 cover (4 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perawakan pendek adalah terhambatnya pertumbuhan karena konsumsi makanan dengan kualitas dan jumlah rendah dalam jangka panjang. Perawakan pendek dapat menyebabkan gangguan perkembangan, penurunan intelektual dan peningkatan penyakit degeneratif. Salah satu faktor yang mempengaruhi perawakan pendek adalah asupan makronutrien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor asupan makronutrian dengan kejadian perawakan pendek pada anak baru masuk sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional, terhadap 232 siswa baru sekolah dasar usia 6-7 tahun di Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Penilaian perawakan pendek menggunakan diagram CDC 2000 dan asupan makanan saat berusia 1-2 tahun di nilai dengan FFQ yang diisi oleh wali murid, kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan kejadian perawakan pendek pada anak baru masuk sekolah dasar sebesar 17.24%. Berdasarkan analisis bivariat didapatkan p value untuk masing-masing faktor yang diteliti yaitu: protein (p = 0.000), lemak (p = 0.000) dan karbohidrat (p = 0.006). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara asupan makronutrien saat berusia 1-2 tahun dengan kejadian perawakan pendek pada anak baru masuk sekolah dasar di Kecamatan Nanggalo Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, Sp.GK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Oct 2017 10:19
Last Modified: 19 Oct 2017 10:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item