Analisis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Berdasarkan Internal Audit Capability Model (IACM) Pada Inspektorat Kota Padang

Galefwor, Wezdy Inramus (2017) Analisis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Berdasarkan Internal Audit Capability Model (IACM) Pada Inspektorat Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi kapabilitas Inspektorat Kota Padang, hambatan dan tantangan dalam meningkatkan kapabilitas dan langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kapabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, reviu dokumen dan studi kepustakaan. Setelah data diperolah, dilakukan penilaian berdasarkan tiap-tiap elemen, dianalisis hambatan dan tantangan serta langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kapabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inspektorat Kota Padang masih berada pada level 2 dengan catatan. Hambatan dan tantangan yang dihadapi yaitu dokumentasi formulir kendali mutu yang kurang baik, sumber daya manusia dan anggaran pengawasan yang terbatas. Langkah-langkah yang dilakukan Inspektorat Kota Padang dalam meningkatkan kapabilitas yaitu membentuk tim peningkatan kapabilitas, mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki untuk mencapai level 2 penuh, melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait kendali mutu audit, melaksanakan telaah sejawat antar Inspektur Badan dan antar APIP Se-Sumatera Barat di tahun 2017, melaksanakan kegiatan assurans berupa audit kinerja dan membentuk klinik konsultasi pengawasan, melakukan pengukuran dan verifikasi atas peningkatan kapabilitas APIP untuk pemenuhan level 2 dan level 3 serta sekaligus melakukan penginputan dokumen dan penjelasan pada aplikasi peningkatan kapabilitas APIP yang telah disediakan oleh BPKP yang berbasis web. Kata Kunci : Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, Kapabilitas APIP, Internal Audit Capability Model (IACM)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asniati, SE, MBA, CA, Ak, CSRS, CSRA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 19 Oct 2017 12:06
Last Modified: 19 Oct 2017 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30084

Actions (login required)

View Item View Item