Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anredera Cordifilia (Ten.) Steenis) Terhadap Kadar MDA (Malondialdehid) dan Jumlah Eritrosit Mencit Yang Terpapar Sinar Ultraviolet

Aisyah, Mutia (2017) Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anredera Cordifilia (Ten.) Steenis) Terhadap Kadar MDA (Malondialdehid) dan Jumlah Eritrosit Mencit Yang Terpapar Sinar Ultraviolet. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak etanol daun binahong (Anredera cordifilia (ten.) steenis) terhadap kadar MDA (malondialdehid) dan jumlah eritrosit mencit yang terpapar sinar ultraviolet telah dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2017. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biota Sumatra, Laboratorium Bioteknologi Fakultas Peternakan, dan di Laboratorium Riset Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun binahong dalam menstabilkan kadar MDA dan jumlah eritrosit mencit yang terpapar sinar ultraviolet. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan berupa penyinaran radiasi sinar ultraviolet dan pemberian ekstrak daun binahong dosis 150, 300, dan 450 mg/kg BB serta kontrol negatif (tanpa penyinaran radiasi sinar ultraviolet dan tanpa pemberian ekstrak daun binahong) dan kontrol positif (penyinaran radiasi sinar ultraviolet dan tanpa pemberian ekstrak daun binahong). Hasil menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun binahong pada dosis 300 mg/kg BB dapat menurunkan kadar MDA dan dosis 450 mg/kg BB dapat meningkatkan jumlah eritrosit mencit yang terpapar sinar ultraviolet, akan tetapi tidak dapat menstabilkan kadar MDA dan jumlah eritrosit mencit yang terpapar radiasi sinar ultraviolet. Kata kunci : binahong, eritrosit, MDA, dan mencit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RESTI RAHAYU
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 23 Oct 2017 15:36
Last Modified: 23 Oct 2017 15:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item