EVALUASI KESESUAIAN LAHAN POLA AGROSILVOPASTURA PADA LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA DI PT KALTIM PRIMA COAL KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Zalisma, Eryanti (2017) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN POLA AGROSILVOPASTURA PADA LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA DI PT KALTIM PRIMA COAL KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (kesimpulan))
V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAftar PUstaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian mengenai evaluasi kesesuaian lahan pola agrosilvopastura pada lahan bekas tambang batubara telah dilaksanakan di lahan reklamasi 3 tahun PT Kaltim Prima Coal Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur dari bulan Desember 2016 hingga April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian lahan pola agrosilvopastura serta menyusun arahan pengembangan pola agrosilvopastura. Penelitian dilakukan dengan metode Survei dengan pengambilan sampel pada profil tanah yang dilanjutan dengan analisis tanah di laboratorium. Penentuan kelas kesesuaian lahan dilakukan dengan metode matching yang membandingkan nilai kualitas dan karakteristik lahan dengan persyaratan tumbuh tanaman agroforestri menggunakan program SPKL V_2.01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kesesuaian lahan aktual pada lahan bekas tambang batubara reklamasi 3 tahun termasuk dalam sesuai marginal (S3) dengan faktor pembatas beragam pada setiap tanaman (nr, na, dan wa). Kelas kesesuaian lahan potensialnya adalah S2 (cukup sesuai). Lahan lokasi penelitian diarahkan kepada pengembangan agroforestri dengan pola agrosilvopasture menggunakan jalur alternatif (Alternate rows) dengan kapasitas tampung ternak hingga 210 ekor sapi potong seluas 31,52 ha. Oleh Karena itu, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian lahan terhadap pola agrosilvopastura pada lahan bekas tambang batubara reklamasi 3 tahun di PT Kaltim Prima Coal masih tergolong sesuai marginal (S3).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Bujang Rusman, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 18 Oct 2017 16:02
Last Modified: 18 Oct 2017 16:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item