Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Petani Pengguna Pestisida dengan Kejadian Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) pada Petani di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun 2017

Desti, Rahmayani (2017) Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Petani Pengguna Pestisida dengan Kejadian Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) pada Petani di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
(2)BAB I FIX END.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 kesimpulan)
(8)BAB VII.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(9)DAFTAR PUSTAKA FIX END.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS AGUSTUS 2017 Nama : Desti Rahmayani Nomor Buku Pokok : 1311312040 Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Petani Pengguna Pestisida dengan Kejadian Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) pada Petani di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun 2017 ABSTRAK Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) menjadi masalah kesehatan yang banyak terjadi di Indonesia termasuk pada petani. Salah satu penyebab ISPA pada petani adalah penggunaan pestisida yang tidak memperhatikan aspek kesehatan. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, dan tindakan petani. ISPA dapat menurunkan produktivitas kerja pada petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan tindakan petani pengguna pestisida dengan kejadian infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada petani di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun 2017. Desain penelitian ini adalah penelitian cross-sectional study dengan sampel sebanyak 263 orang yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasilnya menunjukkan lebih dari sebagian responden (66,1%) memiliki pengetahuan yang kurang, 70% responden memiliki sikap yang negatif, dan 59,7% responden memiliki tindakan yang negatif. Terdapat 71,9% responden mengeluhkan gejala infeksi saluran pernapasan. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan petani pengguna pestisida dengan kejadian ISPA pada petani (p=0,012). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sikap petani pengguna pestisida dengan kejadian ISPA pada petani (p=0,328). Terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan petani pengguna pestisida dengan ISPA pada petani (P=0,004). Diharapkan pada Pemerintahan Nagari Batu Bajanjang bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinas Pertanian untuk lebih meningkatkan pengawasan saat pengaplikasian pestisida sehingga dampak negatif pestisida bagi petani dapat dihindari. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Petani, Pestisida, ISPA Daftar Pustaka : 48 (2000-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 17 Oct 2017 15:13
Last Modified: 17 Oct 2017 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item View Item