Perbedaan Length of Stay, Penggunaan Obat-obatan dan Biaya Pasien Acute Myocard Infarction dengan Primary Percutaneous Coronary Intervention Tidak Menerapkan dan yang Menerapkan Clinical Pathway Di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Mendhel, Yanthi (2017) Perbedaan Length of Stay, Penggunaan Obat-obatan dan Biaya Pasien Acute Myocard Infarction dengan Primary Percutaneous Coronary Intervention Tidak Menerapkan dan yang Menerapkan Clinical Pathway Di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
Bab VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penilaian mutu asuhan pasien dapat diukur dengan penerapan standar yang disusun oleh rumah sakit. Clinical pathway bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan. Variasi pelayanan dapat dievaluasi melalui clinical pathway seperti length of stay, penggunaan obat-obatan, dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan length of stay, penggunaan obat-obatan dan biaya pada pasien AMI dengan primary PCI yang tidak menerapkan clinical pathway dengan yang menerapkan clinical pathway di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian adalah metode penelitian gabungan (mixed method) antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi Sampel penelitian adalah semua rekam medis pasien AMI dengan primary PCI yang dirawat inap tahun 2015 sebanyak 26 rekam medis dan tahun 2016 sebanyak 26 rekam medis. Partisipan pada penelitian kualitatif ini berjumlah 8 orang dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan perbedaan bermakna pada penggunaan obat-obatan. Tidak ada perbedaan bermakna pada LOS dan biaya. Tema yang didapatkan antara lain (1) Pelayanan yang memanjang berdampak pada LOS, (2) CP yang belum rinci berdampak pada penurunan kepatuhan penggunaan obat-obatan, dan (3) LOS memanjang dan penggunaan obat-obatan berdampak pada biaya. Semua unit terkait diharapkan mempunyai komitmen dalam penerapan clinical pathway. Kata kunci: clinical pathway, length of stay, penggunaan obat-obatan, biaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.dr.Rizanda Machmud, M.Kes FISPH, FISCM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 17 Oct 2017 11:10
Last Modified: 17 Oct 2017 11:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29941

Actions (login required)

View Item View Item