ANALISIS PERAN DOKTER PUSKESMAS DI KOTA PAYAKUMBUH SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2015

ROSMA, DEWI (2017) ANALISIS PERAN DOKTER PUSKESMAS DI KOTA PAYAKUMBUH SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2015. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS UTUH ROSMA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PERAN DOKTER PUSKESMAS DI KOTA PAYAKUMBUH SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2015 Oleh : ROSMA DEWI (0921219025) (Dibawah bimbingan : Dr. dr. IRENE SUSILO, MKM dan Dr.dr. YUNIAR LESTARI, M.Kes.) Abstrak Tren biaya pelayanan kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terus meningkat secara signifikan khususnya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) perlu menjadi perhatian semua pihak. Dokter Puskesmas sebagai pemberi pelayanan kesehatan di FKTP, yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai peran dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan efektif serta kendali biaya, sebagai penapis rujukan ke FKRTL (gatekeeper). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran Dokter sebagai gatekeeper dalam penyelenggaraan JKN di Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari wawancara mendalam kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh dan Kepala Puskesmas se Kota Payakumbuh, serta melakukan diskusi kelompok terarah kepada Perwakilan Dokter Puskesmas se Kota Payakumbuh dan Peserta JKN Kota Payakumbuh. Selain itu, data diperoleh dari hasil observasi dan telaah dokumen. Dilakukan uji validasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran dokter Puskesmas di Kota Payakumbuh sebagai gatekeeper sudah didukung dengan ketersediaan dokter yang telah memiliki standar kompetensi dasar yang dipersyaratkan, diterapkannya sistem BLUD, ketersediaan dana dan obat yang memadai. Namun masih ada beberapa aspek input yang belum terpenuhi yaitu ketersediaan dokter yang perlu disesuaikan dengan jumlah jiwa yang dilayani dan lama pelayanan serta ketersediaan alat kesehatan di Puskesmas yang masih kurang. Dari aspek output, angka kontak komunikasi pelayanan di Puskesmas belum mencapai zona aman (standar: minimal 150 per mil), sedangkan rasio rujukan non spesialistik sudah pada zona aman yaitu sudah dibawah 5%. Kata kunci : Dokter Puskesmas, Gatekeeper, JKN Kepustakaan 48 (1998-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. IRENE SUSILO, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Oct 2017 12:52
Last Modified: 14 Oct 2017 12:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item