PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING STUDI PADA RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI

Anne, Anne (2017) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING STUDI PADA RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstract)
Coverdanabstrak.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Isi Tesis BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Isi Tesis BAB V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Anggaran merupakan komponen penting dalam sebuah organisasi, baik organisasi swasta maupun organisasi sektor publik. Partisipasi bawah dalam penyusunan anggaran dapat mempengaruhi kinerja manajerial. Rendahnya pencapaian investasi tahun 2016 di RSI Ibnu Sina Bukittinggi disebabkan oleh kurangnya komitmen dari yayasan untuk memenuhi kebutuhan yang terkait dengan investasi rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh partisipasi dan komitmen organisasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial di lingkungan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi. Jenis penelitian menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study. Penelitian ini sampel yang digunakan adalah semua populasi (total sampling), mulai dari koordinator lapangan, penanggung jawab, low manager sampai dengan top manager yang berjumlah 53 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial, sedangkan tidak terdapat hubungan signifikan antara variabel komitmen organisasi terhadap partisipasi anggaran. Komitmen organisasi bukan merupakan variabel moderasi artinya variabel komitmen organisasi tidak mempunyai dampak dalam memperkuat ataupun memperlemah hubungan partisipasi anggaran terhadap kinerja manejerial di RSI Ibnu Sina Bukittinggi (p value 0,4).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. Harif Amali Rivai, SE., MSi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Oct 2017 11:32
Last Modified: 12 Oct 2017 11:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item