ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DI KOTA PADANG TAHUN 2016

MERI, LESTARI (2017) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DI KOTA PADANG TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK meri.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT PASCA SARJANA UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Juli 2017 Meri Lestari, BP 1021219031 ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DI KOTA PADANG TAHUN 2016 ABSTRAK Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBKP) merupakan sistem pembayaran kapitasi dari BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama berdasarkan pemenuhan atau pencapaian tiga indikator yan diterapkan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Adapun ketiga indikator tersebut adalah angka kontak komunikasi, rasio rujukan non spesialistik dan rasio peserta prolanis yang berkunjung ke FKTP. Pencapaian indikator dapat berupa zona aman, zona prestasi dan zona tidak aman. Besaran pembayaran dilakukan sesuai dengan pencapaian ketiga indikator yang mengacu kepada Surat Edaran Bersama Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan No.HK 03.03/IV/053/2016 dan No.01 tentang Pelaksanaan dan Pemantauan Penerapan KBKP Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi pencapaian indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan pada Puskesmas di Kota Padang. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode sistem. Data primer dikumpulkan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam serta focus group discussion terhadap informan pada penelitian ini yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Padang, Kepala Puskesmas dan Penanggung Jawab Teknis KBKP di Puskesmas. Data sekunder dikumpulkan degan menelusuri dan menelaah dokumen milik Dinas Kesehatan Kota Padang, BPJS Kesehatan dan Puskesmas dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pelaksanaan KBKP ini telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Namun masih diperlukan sosialisasi atau bimbingan teknis dari Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan kepada seluruh pegawai Puskesmas. Pada pencapaian indikator angka kontak komunikasi dipengaruhi oleh ketersediaan SDM dan metode atau perencanaan kegiatan. Indikator rasio rujukan non spesialistik dipengaruhi oleh ketersediaan dokter umum dan dana serta sarana dan prasarana. Sedangkan untuk indikator rasio peserta prolanis yang berkunjung ke FKTP dipengaruhi oleh SDM dan metode pelaksanaan kegiatan yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan program di Puskesmas. Kata Kunci : Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBKP), Puskesmas Kepustakaan 36 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr.Hardisman, MHID,Dr.PH (Med)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 13 Oct 2017 15:41
Last Modified: 13 Oct 2017 15:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29784

Actions (login required)

View Item View Item